Logjam, Ancaman Baru Pengguna Internet

Sabtu, 23 Mei 2015 17:30
Logjam, Ancaman Baru Pengguna InternetIlustrasi @stumbleupon.com
Logjam, celah keamanan yang baru-baru ini diklaim telah ditemukan oleh Symantec. Celah keamanan ini disebutkan bisa mengancam kerahasiaan privasi para pengguna internet.

Logjam ini bahkan sebenarnya memang dikhususkan untuk menyerang lalu lintas internet yang dienkripsi. Celah keamanan ini diklaim mengincar proses komunikasi para pengguna internet.

Cara kerjanya, ketika pengguna internet melakukan bermacam komunikasi dengan aplikasi atau website yang terenkripsi dengan tujuan mengamankan konten, Logjam justru bisa membobol dan melihat informasi dalam konten tersebut.

Dapat digambarkan ketika pengguna mengirim pesan ke pengguna lain melalui sebuah layanan yang terenkripsi, secara umum harusnya hanya penerima pesan yang dapat melihat isi pesan. Namun hal itu tidak berlaku jika hacker menggunakan Logjam untuk memblokade jalur komunikasi, sehingga para hacker juga bisa melihat isi konten pesan tersebut.

Hacker bisa melakukan serangan dengan menginjeksi diri mereka ke dalam komunikasi antara klien dan server sebagai 'Man in the Middle' (MITM), seperti yang dijelaskan Symantec.

WiFi publik seperti di bandara, cafe atau hotel adalah tempat paling sempurna bagi para hacker untuk melakukan tindakan tersebut.

Edward Snowden, mantan agensi National Security Agency (NSA) bahkan ikut berkomentar mengenai celah keamanan yang baru ditemukan ini. Menurutnya Logjam adalah salah satu fasilitas keamanan yang tampaknya telah lama dimanfaatkan oleh biro intelijen dunia untuk melakukan spionase kepada targetnya, termasuk dilakukan oleh agensi NSA.

Dilansir Business Insider, Jumat (22/5) Snowden mengatakan, "Saya secara pribadi sudah berbicara dengan sejumlah kriptografer dan peneliti komputer di AS. Dan kesimpulannya, mereka akan sangat terkejut jika NSA tidak memiliki sangkut paut dengan ini (celah kemanan Logjam)."
(mks)
Komentar