Susu KW Dicampur Bubuk Deterjen Muncul di Pasaran

Jum'at, 22 Mei 2015 10:15
Susu KW Dicampur Bubuk Deterjen Muncul di PasaranSusu campur deterjen beredar di India @indiatoday.com

Belum reda pemberitaan beras plastik asal Tiongkok, kini muncul susu bercampur deterjen di India. Setelah ditelusuri lebih jauh, lagi-lagi produk KW berbahaya ini buatan Tiongkok.

Badan pengawasan makanan India (FSAAI) membeberkan temuan sebanyak 1.791 sampel susu tak memenuhi standar. Dari uji laboratorium, ditemukan kandungan 5,75 persen deterjen.

Temuan ribuan sampel susu itu diambil dari 33 wilayah bagian dan dinyatakan tidak layak konsumsi. "68,4% dari sampel ditemukan tidak memenuhi standar yang telah ditentukan," jelas Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga J. P. Nadda, dilansir dari Metro, Rabu (20/5).

Nadda menambahkan, 44,66 persen dan sampel susu skim yang ditemukan terdeteksi adanya glukosa. Sementara sekitar enam persen positif mengandung deterjen.

Deterjen yang biasa digunakan untuk mencuci baju itu sudah jelas mengandung bahan kimia berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia. Untuk jangka waktu lama akan memicu kanker dan bahkan kematian.

Terkait temuan tersebut, Nadda menjelaskan pemerintah akan memberlakukan aturan khusus untuk aksi pelanggaran standar dan regulasi kesehatan. Sanksi bisa berupa hukuman penjara seumur hidup.

"Dalam kasus di mana sampel ditemukan tidak sesuai dengan ketentuan UU, Peraturan, serta Regulasi, tindak pidana (terkait) akan dikenakan pada pelaku," ucapnya lagi.

(Nay)
Komentar