10 Tips Sukses Wawancara Kerja

Jum'at, 22 Mei 2015 08:30
10 Tips Sukses Wawancara KerjaIlustrasi wawancara kerja @thomasgreig.com
Wawancara adalah proses yang pasti dilakukan bagi pelamar kerja jika ingin bekerja di sebuah perusahaan. Kecakapan dalam wawancara juga sangat berpengaruh terhadap pelamar tersebut untuk diterima atau tidak diterima bekerja.

Jika Anda merupakan lulusan baru dari sebuah sekolah atau perguruan tinggi, perlu diketahui jika saat wawancara adalah saat di mana Anda harus memanfaatkan kesempatan untuk bisa membuktikan bahwa Anda memang layak untuk menempati posisi yang Anda inginkan.

Dilansir Livecareer.com, berikut 10 hal yang perlu Anda perhatikan saat wawancara.

1. Research

Anda akan dengan mudah menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh pihak perusahaan saat wawancara, jika Anda terlebih dahulu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan posisi yang Anda lamar.

2. Praktek

Praktek wawancara kepada teman, saudara atau orang lain memang sangat perlu dilakukan. Hal itu sangat baik untuk mengurangi rasa kurang percaya diri saat menghadapi pewawancara.

3. Pakaian Tepat

Saat melakukan wawancara disarankan Anda untuk memilih pakaian yang tepat. Pakailah pakaian yang rapi, hindari memakai pakaian tak berkerah atau kaos. Hal itu karena yang pertama kali dilihat oleh pewawancara adalah pakaian.

4. Tepat Waktu

Pewawancara akan menilai Anda pribadi yang tidak disiplin jika pada waktu wawancara yang penting itu Anda tidak datang tepat waktu. Untuk mengantisipasi telat, sebaiknya Anda berangkat lebih awal dari waktu yang telah ditentukan.

5. Kesan Pertama

Memperkenalkan diri, berbicara dengan jelas, atau menjabat tangan dengan erat akan menampakkan kesan pertama Anda jika Anda adalah orang yang sopan dan tegas.

6. Perkenalkan Diri

Pewawancara pasti akan meminta Anda untuk memperkenalkan diri. Dalam kesempatan ini, perkenalkan diri Anda dengan jelas, katakan kelebihan dan keahlian yang Anda miliki dengan tidak melebih-lebihkan.

7. Lakukan Kontak

Jika Anda terlebih dahulu mempunyai teman atau kenalan yang bekerja di perusahaan tersebut. Maka hal itu akan sangat baik karena mereka telah mengetahui kepribadian asli Anda yang sebenarnya.

8. Jaga Bahasa Tubuh

Sebaiknya Anda kerap menunjukkan senyuman dan sikap ramah. Hal itu akan membuat Anda semakin diingat oleh pewawancara.

9. Akhiri Dengan Baik

Beri senyuman, jabat tangan dan jangan lupa ucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan untuk Anda. Meski terdengar sederhana, tidak sedikit pelamar kerja yang mengalami kegagalan hanya karena mereka tidak memperhatikan sikap saat selesai wawancara.

10. Ikuti Perkembangan

Untuk menambah ingatan pewawancara mengenai diri Anda, tidak ada salahnya jika Anda mengirimkan ucapan terima kasih melalui email atau pesan teks.
(mks)
Komentar