Tes Vagina Tiap Pekan, Dua Mahasiswi Gugat Kampusnya

Kamis, 21 Mei 2015 18:00
Tes Vagina Tiap Pekan, Dua Mahasiswi Gugat KampusnyaMahasiswi tes kesehatan vagina @cnn.com

Dua mahasiswi di Orlando, Florida, Amerika Serikat menggugat Kolese Valencia ke pengadilan sebab dipaksa melakukan tes vagina rutin tiap pekan di dalam kelas.

Tes tersebut merupakan bagian dari program pelatihan medis untuk mendeteksi kesuburan perempuan dan penyakit organ kewanitaan.

Kedua gadis itu menuding pihak sekolah melanggar hak-hak sipil mereka. Pasalnya, tes itu dilakukan di hadapan teman-teman sekelas dan instruktur. Meski menurut sekolah mereka melakukannya secara sukarela, kedua mahasiswi itu mengaku bersedia sebab dalam kondisi tertekan.

"Kolese Valencia menggertak mahasiswa yang tidak menyetujui praktek ini dan mengancam akan menahan keluarnya nilai akademik serta menghambat karier masa depan sampai mahasiswa itu mau dites," ujar kedua mahasiswa itu dalam gugatan yang disampaikan di pengadilan, dilansir dari Businessinsider, Rabu (20/5).

Tragisnya, ketika mahasiswi itu menggugat, mereka justru disuruh mencari universitas lain. Tidak hanya itu saja, namanya masuk daftar hitam rumah sakit setempat sehingga tidak akan mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Sementara itu, pihak kampus melawan balik gugatan tersebut sebab yakin kedua mahasiswi itu melakukannya secara sukarela dan telah sesuai prosedur.

"Menggunakan relawan, termasuk mahasiswa, untuk pelatihan medis sonografi adalah praktek yang diterima secara nasional," kata Carol Traynor, juru bicara Kolese Valencia.

Untuk diketahui, uji tes vagina itu tidak dilakukan pada mahasiswi yang pernah melakukan hubungan seksual.

(Nay)
Komentar