Foto Rudal Raksasa Korea Utara Ternyata Editan

Kamis, 21 Mei 2015 16:15
Foto Rudal Raksasa Korea Utara Ternyata EditanRudal raksasa canggih Korea Utara ternyata palsu @reuters.com

Korea Utara beberapa waktu lalu merilis foto-foto rudal raksasa yang akan dilakukan uji coba peledakkan. Belakangan, diketahui jika foto tersebut merupakan editan.

Foto-foto serangkaian alat tempur militer Korut itu dirilis pada 9 Mei lalu. Korut secara tak langsung memperingatkan kepada Amerika Serikat untuk tidak macam-macam.

Namun, seorang pejabat militer tertinggi Amerika Serikat Laksamana James Winnefeld menyangsikan gertakan Korut tersebut. Menurutnya, negara Kim Jong-Un itu masih terlalu cepat bisa memproduksi artileri canggih.

"Mereka belum bisa melakukan sejauh yang mereka lakukan dalam editan video pintarnya dan menyebar pemberitaan untuk membuat kita percaya," katanya dilansir oleh Reuters, Rabu (20/5).

Salah satu analis insinyur kedirgantaraan Jerman Markus Schiller dan Robert Schmucker dari Schmucker Rechnologie, Muenchen yakin jika banyak kejanggalan dalam foto tesrebut. Salah satunya modifikasi dari refleksi api knalpot rudal di dalam air yang tak sejalan dengan rudal itu sendiri.

Menurut kedua analis tersebut, Korut sebelumnya juga pernah memalsukan persenjataan militer mereka. Pada 2012-2013 lalu, Korut juga melakukan hal serupa sewaktu memajang maket rudal yang buruk di parade militer.

Mereka menjelaskan secara singkat terkait hasil analisa foto tersebut. Dalam siaran televisi milik Korut, terlihat rudal itu mengeluarkan asap putih. Namun, pada foto lain, tidak ada jejak asap putih yang sama. Ini membuktikan bahwa foto itu merupakan rudal yang berbeda dengan sistem propulsi yang lain.

(Nay)
Komentar