Sari, Orangutan di Sawahlunto Tewas Diperkosa Dua Pejantan

Kamis, 21 Mei 2015 15:15
Sari, Orangutan di Sawahlunto Tewas Diperkosa Dua PejantanSari tewas usai diperkosa dua pejantan @minangkabaunews.com

Orangutan bernama Sari berusia 15 tahun di Kebun Binatang Kandi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, akhirnya tewas usai diperkosa dua pejantan.

Kedua pejantan bernama Botak dan Rambo menggilir Sari sebab mengalami libido tinggi. Saat ditemukan, kondisi Sari cukup mengenaskan. Tangan kiri dan selangka kanannya patah.

Dokter hewan yang menangani perawatan tidak bisa menyelamatkan, dan Sari tewas pada Sabtu (16/5) lalu.

"Kejadian itu pada 13 Mei 2015. Dua orangutan jantan sedang mengalami libido seks alami, dan memperebutkan orangutan betina ini. Akibatnya, korban betina ini mati," kata Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, Margo Utomo, di Jalan Khatib Sulaiman, Padang, Senin (18/5).

Margo menambahkan, Sari sempat mengalami kritis dan dibawa ke Klinik Hewan Dinas Peternakan Kota Padang pada 15 Mei 2015.

"Saat diperiksa dokter hewan memang bahu kiri yang patah itu tidak ada respons, diduga ada sarafnya yang putus," ujar Margo.

Atas insiden tersebut, Tim BKSDA dan Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) akan melakukan evaluasi.

"Jika tidak memenuhi persyaratan kebun binatang seperti pakan, kondisi kandang, serta tenaga media hewan bisa saja ditutup, tapi kita lihat evaluasinya," ujarnya. Demikian dilansir dari Minangkabau News.

(Nay)
Komentar