Ilmuwan Gambarkan Ular Pertama di Bumi

Kamis, 21 Mei 2015 11:30
Ilmuwan Gambarkan Ular Pertama di BumiIlustrasi @inagist.com
Seorang ilmuwan Universitas Yale, Amerika mengklaim telah berhasil menggambar ulang ular pertama yang muncul di Bumi. Ilmuwan mengatakan jika ular yang pertama kali muncul di Bumi memiliki bentuk dan rupa yang menyeramkan.

Dilansir Phys.or, Selasa (19/5) Allison Hsiang, pimpinan penelitian ular pra sejarah Universitas Yale mengatakan, "Kami telah merekonstruksi nenek moyang ular modern. Ular-ular pertama itu adalah hewan malam yang memangsa hewan lain dengan tubuh besar. Sekilas, mereka nampak seperti ular raksasa yang hidup di hutan hujan Brasil."

Ular tersebut digambarkan memiliki sepasang kaki yang berada di hampir ujung ekor. Kaki itu diperkirakan sisa hasil evolusi. Selain aktif pada malam hari, ular memang dikenal hasil dari evolusi kadal purba.

Lebih menyeramkan lagi karena kaki yang terdapat pada ular ini masih memiliki pergelangan kaki dan jari-jari. Sementara untuk kaki depan diperkirakan telah hilang saat melakukan evolusi pertama di daratan, bukan di lautan yang selama ini menjadi dugaan para ilmuwan.

Wujud ular pertama berhasil digambarkan setelah melakukan penelitian terhadap gen ular dan anatomi ular modern, selain itu juga dari hasil penelitian fosil ular purba.

Hal itu sangat sulit dilakukan karena spesies ular sendiri terdiri lebih dari 3.400 spesies. Ular diyakini muncul pada zaman Kretaseus (kapur), yakni sekitar 128,5 juta tahun yang lalu. Saat Bumi sedang dalam proses pembentukan benua dan jumlah dinosaurus semakin banyak.
(mks)
Komentar