10 Fitur Baru iPhone 6S

Kamis, 21 Mei 2015 10:00
10 Fitur Baru iPhone 6SKonsep iPhone 6S @telegraph.co.uk
Kembali beredar bocoran terkait produk terbaru Apple, iPhone 6S. Bocoran hadir dari orang dalam Apple yang dianggap memiliki bocoran paling akurat mengenai perangkat terbaru Apple, Ming-Chi Kuo.

iPhone selanjutnya yang diperkirakan akan menggunakan nama iPhone 6S dan iPhone 6S Plus ini dikatakan oleh Kuo akan memiliki beberapa fitur baru yang canggih.

Kuo sendiri pada tahun 2011 lalu pernah memberikan prediksi terkait iPad 2 dual-core. Saat itu prediksi Kuo nyaris sempurna pada resolusi layar, spesifikasi kamera, bahkan prosesor.

Setelah itu dia juga sukses membuktikan rumor iPhone 5, penghentian MacBook Pro 17 inci, serta desain ulang Mac. Hampir tidak ada yang bisa menandingi keakuratan prediksi Kuo terkait produk terbaru Apple.

Mengenai iPhone terbaru yang tengah digarap Apple, Kuo juga memberikan prediksi terkait beberapa fitur dan spesifikasi yang bakal dihadirkan oleh Apple.

Force Touch

Fitur yang telah diterapkan Apple pada MacBook Pro 13 inci dan Apple Watch ini memang digadang-gadang akan segera dihadirkan pada perangkat smartphone. Force Touch sendiri adalah teknologi yang memanfaatkan elektroda ukuran kecil di sekitar Retina display fleksibel untuk tekanan sentuhan pada layar.

Apple menganggap jika fitur ini memiliki peran yang penting untuk kemampuan sensing di perangkat touchscreen setelah Multi-touch. Akses instan ke sejumlah menu tertentu juga sangat mungkin dilakukan dengan fitur Force Touch. Misalkan melakukan pilihan di menu pesan, atau memilih mode tertentu yang memungkinkan pengguna mengganti tampilan layar utama sesuai keinginan.

Prosesor A9 dengan RAM 2GB LPDDR4

Seperti telah diketahui, iPhone yang selama ini menggunakan prosesor A8 dengan RAM 1GB telah memberikan performa yang luar biasa. Bagaimana jadinya jika Apple akan menyematkan prosesor A9 dengan RAM 2GB pada iPhone 6S nantinya.

Yang jelas akan mengalami tingkat kinerja dan kecepatan operasi yang diklaim mampu membuka banyak aplikasi sekaligus.

Layar Safir

Untuk memasok bahan safir, Apple sejatinya telah melakukan kerja sama dengan GT Advanced Technology dengan nilai kontrak mencapai USD 578 juta. Saat itu rumor menyebutkan jika safir akan digunakan pada perangkat iPhone 6. Namun yang jelas hal itu tidak terbukti.

Beredarnya kabar kemunculan iPhone 6S membuat layar berlapis safir kembali menjadi bahan prediksi. Seperti diketahui, safir memiliki ketahanan yang lebih kuat dibanding dengan Gorilla Glass, bahkan safir jauh dari kata pecah.

Sayangnya Kuo mengatakan jika tidak semua perangkat iPhone S6 akan menggunakan layar safir, melainkan hanya untuk iPhone 6S edisi khusus atau terbatas.

Peningkatan Touch ID untuk Apple Pay

Touch ID adalah salah satu fitur paling penting pada iPhone. Fitur tersebut memungkinkan tombol home untuk melayani pengguna dari pemindai sidik jari. Namun untuk mereka yang menggunakannya untuk Apple Pay, sistem keamanan tersebut cukup mengganggu dan menghkhawatirkan. Sensor sidik jari yang digunakan untuk layanan Apple Pay tidak jarang gagal mengenali sidik jari pemiliknya

Namun Kuo mengatakan jika Apple akan lebih meningkatkan kinerja Touch ID, terutama untuk yang digunakan pada Apple Pay agar transaksi bisa dilakukan dengan cepat dan aman.

Rose Gold Varian

Kuo memprediksi jika akan ada tambahan warna pada iPhone terbaru nantinya, yakni Rose Gold. Diperkirakan warna ini akan mempengaruhi harga jual yang semakin tinggi karena mengandung sedikit lapisan emas 18 karat.

China sebagai negara dengan pertumbuhan iPhone nomor satu di dunia juga sependapat jika Apple memunculkan varian Rose Gold.

Kualitas Kamera Lebih Baik

iPhone memang terlihat ketinggalan jika dibanding smartphone mewah lainnya dalam hal kualitas kamera. Oleh karean itu Kuo menduga jika iPhone 6S ini akan memiliki kamera yang memiliki megapiksel yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Menurut Kuo, iPhone 6S akan menggunakan kamera belakang beresolusi 12MP yang tentu lebih baik dengan iPhone 6 yang hanya memiliki kamera 8MP.

Desain Besar

Ke depannya Apple kemungkinan tak akan lagi menggunakan layar 4 inci pada perangkatnya. Keputusan ini juga melihat kesuksesan penjualan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang mengalami peningkatan sangat drastis dengan menggunakan layar berukuran besar, yakni 5,5 inci.

Bahkan penjualan Xiaomi yang merupakan perusahaan smartphone nomor satu di China tergusur oleh kesuksessan penjualan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Suara Lebih Jernih

Kuo mengatakan jika iPhone 6S akan menyematkan mikrofon yang terletak di dekat speaker untuk meningkatkan kualitas suara.

Meski tidak diketahui apakah akan ada tambahan mikrofon lain atau mengganti hardware mikrofon dengan yang lebih baik. Yang jelas Kuo mengatakan bahwa suara iPhone 6S akan memiliki kualitas tinggi.

Gesture Control

Fitur ini sejatinya telah disematkan di berbagai smartphone lain seperti Samsung. Terdengar telat memang untuk smartphone sekelas Apple, namun yang pasti Apple kini tengah berupaya untuk menghadirkannya pada iPhone 6S.

Kebijakan ini dikatakan hanya untuk memangkas kesenjangan dengan Samsung. Apple melihat jika konsumen kini telah membandingkan perangkat satu dengan yang lain.

Desain Fleksibel

Produk Apple sebelumnya, iPhone 6 dianggap memiliki lapisan aluminium yang terlalu tipis sehingga membuatnya mudah bengkok.

Kuo mengatakan jika Apple siap memperbaiki kekuatan perangkat, membuat desain baru, yang kemungkinan adalah desain fleksibel.

Meski terlalu dini untuk mengatakan desain fleksibel, Kuo mengatakan jika iPhone 6S memiliki casing yang berbeda, serta perubahan mekanik material. Kuo memperkirakan jika Apple akan menggunakan casing dengan bahan titanium.
(mks)
Komentar