Video Pembuatan Beras Plastik Diduga Salah

Selasa, 19 Mei 2015 21:30
Video Pembuatan Beras Plastik Diduga SalahProses pembuatan bijih plastik yang dianggap beras plastik @youtube.com
Dalam sebuah video YouTube yang sempat menghebohkan netizen beberapa waktu yang memperlihatkan proses pembuatan beras plastik ternyata diduga salah.

Video yang beredar sejak 13 Mei dengan durasi hampir 2,5 menit itu telah dilihat lebih dari seratus ribu penonton. Kekhawatiran warga terkait peredaran beras plastik mungkin berawal dari video tersebut.

Beberapa netizen yang berkomentar ke video yang diunggah oleh chanel Destry Z itu mempertanyakan kebenaran rekaman tersebut. Pasalnya dalam video itu juga mirip dengan pembuatan bijih plastik untuk perkakas rumah tangga. Hasil bijih plastik memang terlihat sangat mirip dengan beras.

Seorang penonton video tersebut, Vandy Kusuma menulis, "Ini mah Bijih Plastik bahan baku plastik, dodol! Ayo kasih flag tandai di YouTube sebagai Spam dan Menyesatkan."

Pengguna lain, Elang Nusantara bahkan menjelaskan jika video tersebut bukanlah proses pembuatan beras palsu, melainkan daur ulang plastik menjadi bijih plastik untuk dijadikan produk dengan bentuk lain.

Jika berita beras yang dicampur dengan plastik benar adanya, tentu hal itu adalah kerugian dan tindakan yang tak masuk akal. Pasalnya harga bijih plastik diklaim jauh lebih mahal dibanding dengan harga beras.

Elang menulis, "Agar tidak meresahkan, seharusnya yang upload video ini investigasi lebih lebih detail lagi apakah benar hasil pelletizing bijih plastik ini telah sengaja di oplos dengan beras dan di konsumsi oleh masyarakat, atau hanya dugaan saja, atau tidak sengaja tercampur dengan beras. Secara harga, bijih plastik ini per kilogramnyanya juga lebih mahal dari beras, jadi secara logika kalau niatnya cari untung buat apa juga di campur dengan beras, mending dijual bijih plastik aslinya saja, masih sangat dicari dan dibutuhkan oleh industri plastik."

Selain itu pengguna lain, Aminuddin juga memberikan komentar, "Namanya plastik kalo dikasi air pasti ngambang, apalagi kalo bentuknya kecil-kecil gitu. Nah isi berita kan kudunya nampilin beras plastik ini, ngambang apa nggak, atau apalah yg bisa membedakan beras asli sama plastik. Bukannya malah ngasih link pabrik bikin biji plastik gini."

"Ini mesin processing dan pelletizing untuk membuat biji plastik dari bahan baku limbah plastik. Di daerah Kapuk Jakarta Barat, Tangerang, Bandung, Bekasi banyak industri daur ulang plastik seperti ini. Cerdaslah dalam menilai," tambah pengguna yang lain dengan nama Wahyu Kurniawan.
(MKS)
Komentar