Ini Alasan Obama & Mark Zuckerberg Tak Pernah Ganti Baju

Kamis, 30 April 2015 15:00
Ini Alasan Obama & Mark Zuckerberg Tak Pernah Ganti BajuMark Zuckerberg dan Barrack Obama @nytimes.com
Dalam hal gaya berpakaian, dua sosok paling perpengaruh di dunia seperti Mark Zuckerberg dan Barrack Obama ternyata memiliki kesamaan. Mereka berdua sama-sama tidak memperdulikan mode dan hanya memakai model yang sama setiap harinya.

Roy Baumeister, seorang psikolog baru-baru ini mengaku telah mengetahui alasan gaya berpakaian kedua tokoh tersebut. Seperti yang diketahui, Obama memang selalau mengenakan pakaian resmi ditambah dengan jas abu-abu atau biru, sedangkan Zuck lebih memilih memakai kaos oblong abu-abu untuk melakukan berbagai aktivitasnya sehari-hari.

Mereka berdua disebutkan oleh Beumeister jika telah mengalami kondisi 'kelelahan mengambil keputusan', fenomena itu disebut decision fatigue.

Tak heran jika mereka mengalami kondisi tersebut mengingat keduanya sama-sama menjadi figur penting yang dibutuhkan untuk mengambil banyak keputusan. Banyaknya keputusan yang mereka ambil itu tentu menguras banyak pikiran, oleh sebab itu mereka hanya memakai pakaian yang sama untuk mengurangi porsi berpikir tersebut.

Tahun 2012 yang lalu Obama mengatakan, "Anda akan melihat jika saya hanya memakai setelan berwarna abu-abu atau biru. Saya tidak mau repot-repot mengambil keputusan apa yang saya makan atau kenakan hari ini, sebab ada banyak keputusan lain yang lebih penting yang harus saya buat."

Zuckerberg juga senada dengan apa yang dikatakan Obama jika dirinya ingin membuat hidupnya lebih mudah dengan mengenakan baju yang sama.

November tahun lalu Zuckerberg berkata, "Aku ada di posisi yang sangat beruntung di mana aku harus bangun setiap pagi dan membantu lebih dari satu miliar orang (di Facebook). Dan aku merasa tidak bisa melakukan pekerjaan ku dengan baik jika aku menghabiskan energi untuk hal-hal tidak penting dalam hidupku, seperti memilih baju."

Selain dua sosok tersebut, ternyata mendiang bos Apple, Steve Jobs juga melakukan hal yang sama terhadap pemilihan pakaian yang dikenakan. Ia hanya memakai jeans biru dengan sweater khas berwarna hitam untuk melakukan semua aktivitas sehari-harinya.
(MKS)
Komentar