Foto Indahnya Erupsi Gunung Calbuco, Chili

Kamis, 23 April 2015 17:15
Foto Indahnya Erupsi Gunung Calbuco, ChiliErupsi Gunung Calbuco @time.com
Rabu sore (22/4) terlihat fenomena yang sangat menakjubkan yang indah, vulkanologi yang terjadi di Gunung Calbuco, Chili bagian selatan.

Gunung tersebut memuntahkan debu ke atmosfer dan memaksa warga harus dievakuasi hingga radius 24 mil. Tercatat dalam 42 tahun terakhir itu adalah erupsi pertama kali yang dialami oleh gunung itu.

Fenomena yang terjadi saat sore hari itu menampilkan sajian yang mengagumkan, seperti yang dilansir Gizmodo, Kamis (23/4). Asap vulkanik keluar dari mulut gua dan tersinari oleh matahari senja.

Calbuco merupakan gunung berapi yang tergolong terdiri dari lapisan debu, lava dan material keras lainnya atau disebut gunung strattovolcano.

Gunung tersebut terakhir kali erupsi pada tahun 1972 dan pada tahun 1893 hingga 1894 pernah terjadi ledakan erupsi terbesar dalam sejarah Chili, seperti laporan Global Volcanism of the Smithsonian Institution.

Kejadian kemarin sore ini melaju dalam kecepatan 186 mil per jam. Sejauh ini abu yang dimuntahkan dari erupsi hanyalah abu vulkanik saja.

Namun kondisi tersebut masih cukup membahayakan penerbangan. Hingga sejumlah maskapai penerbangan harus dibatalkan, seperti LATAM yang seharusnya melakukan perjalanan yang melewati area gunung yang terletak di 620 mil selatan Santiago, Chili tersebut.

Berikut foto-foto penampakan fenomena indah erupsi vulkanik Gunung Calbuco!
(MKS)
Klik foto untuk melihat ukuran besar
Komentar