1.700 Siswa Tiongkok Ujian Serempak di Lapangan Terbuka

Rabu, 15 April 2015 10:15
1.700 Siswa Tiongkok Ujian Serempak di Lapangan TerbukaPeserta ujian nasional di Tiongkok @shanghaiist.com

Ujian Nasional via online yang dihadapi pelajar sekolah menengah atas (SMA) sejak Senin (13/4) lalu memang baru pertama kali diujikan berbasis komputer tahun ini. Setiap peserta ujian kini tidak lagi menggunakan lembar kertas soal dan jawaban konvensional. Semua serba canggih.

Nah, jika dibandingkan dengan pelaksanaan ujian serupa di Tiongkok, agaknya kita cukup berbangga sebab dari segi penerapan teknologi kita lebih unggul. Namun dari segi kualitas pelaksanaan, belum tentu.

Tengok saja, di Yichuan, provinsi Shaanxi, pelaksanaan ujian dilakukan secara serempak di lapangan terbuka. Yang menakjubkan, ujian itu melibatkan 1.700 pelajar sekaligus. Mereka tidak hanya harus berkonsentrasi menjawab soal ujian, namun juga terkena paparan terik sinar matahari.

ujian-serempak-tiongkok

Meski terkesan merepotkan, namun nyatanya pelaksanaan ujian semacam ini telah dilaksanakan sejak bertahun-tahun silam. Tidak hanya di Tiongkok, di beberapa negara di Asia lain seperti Jepang dan Korea juga menerapkannya.

Tujuannya jelas: meminimalisir kecurangan para peserta ujian. Hal ini penting untuk memastikan kualitas lulusan siswa yang hendak bersaing di perguruan tinggi atau memasuki dunia kerja profesional. Demikian dilansir dari Shanghaiist.

(Nay)
Komentar