2 Pesawat Jupiter TNI AU Jatuh Tabrakan di Malaysia

Senin, 16 Maret 2015 09:30
2 Pesawat Jupiter TNI AU Jatuh Tabrakan di MalaysiaPesawat Jupiter TNI AU jatuh di Malaysia @merdeka.com

Dua dari enam pesawat aerobatik Jupiter TNI AU jenis KT-iB Woong Bee bertabrakan di Langkawi, Malaysia, Minggu (15/3). Insiden tersebut terjadi saat tim menjalani gladi resik dalam Eksibisi Maritim dan Kedirgantaraan Langkawi 2015 di Langkawi, Malaysia.

"Hari ini saat gladi resik dalam rangka pembukaan, 6 pesawat latihan. 2 pesawat tabrakan di udara," kata Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto, dilansir dari Merdeka.

Tabrakan terjadi pada pukul 14.00 waktu setempat, atau pukul 13.00 WIB. Tidak ada korban jiwa, sebab para pilot selamat berkat kursi lontar.

"Empatnya selamat dari kursi pelontar. Mereka selamat semua tidak ada yang luka," kata Tjahjanto.

Salah satu pesawat yang bertabrakan dilaporkan jatuh dan menimpa rumah warga di Kampung Gelam, Kedawang. Akibatnya dua penghuni rumah luka ringan.

Berdasarkan video amatir yang diposting di Youtube, terlihat di awal penerbangan keenam pesawat tidak mengalami kendala. Namun saat manuver dilakukan, dua pesawat yang datang dari arah berlawanan saling bertabrakan. Kemudian pesawat mengepulkan asap hitam dan jatuh di area perkebunan.

(Nay)
Komentar