30 Tahun Lagi, Los Angeles Diguncang Gempa Dahsyat

Jum'at, 13 Maret 2015 14:15
30 Tahun Lagi, Los Angeles Diguncang Gempa DahsyatAkibat gempa @hdwallpapersmart.com
Ilmuwan geofisika dari USGS berhasil mengungkap Sebuah gempa dahsyat yang bakal mengguncang Los Angeles, California, Amerika menggunakan komputer super.

Los Angeles yang memiliki populasi sekitar 3.9 juta orang diperkirakan oleh ilmuwan tersebut akan mengalami gempa berkekuatan 8.0 skala Richer sekitar 30 tahun yang akan datang. Bukan hanya akan terjadi di Los Angeles, gempa akan merata di sejumlah kawasan di California. Dalam simulasi komputer tersebut peluang terjadinya gempa sekitar 7%. Dilansir Mashable (11/3).

Melihat Los Angeles yang terletak di garis lempeng Bumi, gempa sedahsyat itu akan memicu gempa lainnya, jika memnag benar-benar terjadi. Meskipun poetnsi terjadinya gempa tersebut hanya 7%.

Penduduk California masih belum bisa bernafas lega, meskipun gempa 8.0 skala Richer tidak terjadi. Gempa bekekuatan 6.7 skala Richer akan melanda Los Angeles dengan prosentase kemungkina mencapai 60%, ilmuwan USGS menambahkan.

Pada tahun 1994 yang lalu, salah satu kota besar di California itu pernah diguncang gempa yang berkekuatan 6.7 skala Richer yang berpusat di kawasan Northridge, Los Angeles. Gempa pada saat itu mengakibatkan hancurnya gedung-gedung dan menewaskan sekitar 57 orang.

Kota Las Vegas yang terletak 360 kilometer dari Los Angeles pun waktu itu juga terkena dampak dari gempa tersebut. Gempa tersebut merupakan gempa dengan kecepatan tertinggi yang pernah ada di kawasan padat penduduk di Amerika Serikat.
(MKS)
Komentar