Harta Karun Dewa Petir Zeus Ditemukan di Israel

Rabu, 11 Maret 2015 21:30
Harta Karun Dewa Petir Zeus Ditemukan di IsraelKoin bergambar Dewa Zeus dan Alexander Agung @blogdarmon.blogspot.com
Harta karun yang memperlihatkan wajah Dewa Petir Yunani, Zeus, ditemukan di Israel. Dalam sebuah gua Israel bagian utara.

Terdiri dari beberapa koin dan kalung perak, harta karun tersebut diyakini berusia 2.300 tahun. Sosok Dewa Zeus terlihat dalam salah satu koin tersebut, dalam keadaan duduk di singgasananya. Selain Zeus, sosok Alexander Agung yang merupakan jenderal paling masyur di masa lalu.

Arkeologi Israel yakin bila koin itu ditempa pada masa Hellenistik, atau setelah Alexander Agung meninggal, demikian dilansir Mashable (10/3).

Lembaga barang purbakala Israel, IAA, mengatakan, "Harta karun ini mungkin sengaja ditinggalkan oleh penduduk sekitar yang melarikan diri saat kondisi kerajaan memburuk setelah Alexander Agung meninggal."

Israel memang menjadi tempat pertempuran keturunan Alexander Agung dan pemberontak yang berupaya merebut kerajaan pada sekitar tahun 323 Masehi.

Guci-guci antik juga ditemukan dalam sebuah gua yang terletak di bagian utara Israel itu. Guna menelusuri sejarah negara Yahudi tersebut, kini semua harta karun dikumpulkan dan diteliti lebih lanjut.
(MKS)
Komentar