Apple New Macbook: Tipis, Canggih, Gold

Selasa, 10 Maret 2015 19:15
Apple New Macbook: Tipis, Canggih, GoldThe New MacBook @macrumors.com
Pada acara 'Spring Forward' yang diselenggarakan di San Fransisco, Amerika Serikat, pada Selasa dini hari (10/3) Apple meluncurkan MacBook baru yang lebih ringan, canggih, dan tipis dibanding dengan MacBook Air. Meluncur sebagai penerus MacBook Air, Apple justru menghilangkan nama belakang pada prosuk terbaru ini, dan menyebutnya sebagai new MacBook.

Apple membuat terobosan baru baik dari segi keyboard, trackpad ataupun penempatan komponen. Desain keyboard misalnya, Mereka membuat teknologi baru yang disebut "Butterfly Mechanism", karena strukturnya lebih mirip dengan sayap kupu-kupu. Upaya-upaya tersebut dilakukan Apple guna memperkecil ukuran MacBook manjadi 13,1 mm atau lebih tipis hingga 24 persen dibanding MacBook Air, serta new MacBook mempunyai bobot hanya 0,9 kilogram.

Teknologi 'Butterfly mechanism' ini membuat keyboard MacBook lebih akurat, stabil, lebar dan juga lebih tipis. Pada setiap key mereka menambahkan LED, sehingga akan sangat efektif meskipun digunakan dalam tempat yang gelap. Ini adalah MacBook tertipis dan teringan yang pernah kami buat, ucap CEO Apple, Tim Cook.

Untuk urusan trackpad, teknologi baru disebut dengan 'Force Touch' ditambahkan dalam MacBook terbaru ini, teknologi tersebut dapat mendeteksi seberapa kuat Anda menekan permukaan trackpad. Tekanan ini segaligus dapat menggantikan fungsi yang kita kenal dengan nama klik. Trackpad MacBook terbaru ini di lengkapi empat sensor di tiap sudut, tentu berbeda dengan trackpad tradisional. Jika Anda menekan trackpad maka sensor ini akan merespon balik, sehingga Anda juga akan merasakan apa yang terjadi di layar MacBook, bukan hanya sekedar melihat.

Trackpad new MacBook

Cook juga mengatakan, "Anda dapat menyesuaikan sensitivitas trackpad untuk membuat seberapa besar tekanan untuk meng-klik. Anda dapat mengklik di mana saja. Dan kliknya lebih senyap."

Tekanan pada trackpad juga berpengaruh terhadap aplikasi MacBook. Misalnya saja Anda menerapkannya pada satu potongan kata disebuah situs, maka wikipedia mengenai hal itu akan segera muncul. MacBook juga akan menampilkan lokasi pada peta jika Anda menekan trackpad saat mebuka sebuah alamat. Aplikasi ini juga akan berjalan pada aplikasi Quicktime.

New MacBook sensor

Kipas yang terdapat pada logic board juga dihilagkan oleh Apple, sehingga ukuran logic board jauh lebih kecil dibanding dengan yang dimiliki MacBook Air yang masih menggunakan kipas, yaitu lebih kecil sekitar 67 persen, dan masih menyisakan banyak ruang kosong untuik komponen lainnya.

Dalam ruang kosong ini, Apple memanfaatkannya sebagai ruang beterai paralel. Agar tidak ada ruang kosong pada bodi MacBook, kapasitas baterai pun ditambahkan oleh Apple, hingga kini Anda dapat menjelajahi internet selama 9 jam, atau menonton film selama 10 jam.

New MacBook

Dampak akibat semakin tipisnya bodi MacBook yang satu ini tampak pada port, port yang biasanya tampak pada MacBook Air tidak lagi ada pada new MacBook. Macbook terbaru ini hanya menyisakan satu port saja, yaitu USB-C. Yang merupakan standart konektivitas reversible USB baru, yang pada umumnya digunakan untuk power, DisplayPort, HDMI serta VGA.

MacBook terbaru in menjadi MacBook pertama yang tidak menggunakan kipas, namun hal itu tidak perlu di khawatirkan, karena MacBook ini menggunakan prosesor yang hanya membutuhkan daya sebesar 5 watt, yakni Intel Core M.

New MacBook

Dengan penggunaan daya yang lebih irit 30 persen dari sebelumnya, MacBook ini sudah menggunakan Retina Display yang memiliki resolusi 2304 x 1440p yang tentunya akan menampilkan gambar yang lebih jernih.

Seperti halnya iPhone, Apple akan menyediakan MacBook baru ini dengan warna emas. Produk terbaru ini akan dapat anda beli mulai 10 April.

Apple akan merilisnya dalam dua versi, dengan prosesor Intel Core M dual-core 1,2GHz, Intel Graphics 5300, 8GB memori dan 256SSD yang di banderol dengan harga USD1,299. Atau dengan MacBook yang mempunyai kapasitas penyimpanan 512GB dengan banderol harga mencapai USD1,599.

Dalam acara tersebut Apple juga meluncurkan pambaruan MacBook Air dengan prosesor Intel Core generasi kelima dan Thunderbolt 2. Begitu pula dengan new MacBook Retina Display yang dilengkapi dengan Force Touch Trackpad. Mulai hari ini keduanya sudah tersedia.

Pembaruan tersebut membuat MacBook Pro Retina Display lebih cepat dengan daya tahan yang mampu bertahan sampai 10 jam, atau bertambah satu jam dari sebelumnya.

Lihat video New MacBook ini!

(MKS)
Komentar