Facebook Digugat Karena Lukisan Vagina

Senin, 09 Maret 2015 11:45
Facebook Digugat Karena Lukisan VaginaLukisan 'The Origin of the World' @theguardian.com
Sebuah lukisan vagina dari abad ke-19 oleh Gustave Courbet yang bertema "The Origin of the World" yang diposting salah satu pengguna Facebook, mengakibatkan media sosial tersebut harus berurusan dengan hukum. Pengadilan Perancis menganggap bahwa Facebook tidak dapat membedakan antara pornografi dan seni.

Diputuskan oleh pengadilan Paris bahwa mereka mempunyai yuridikasi untuk dapat mengadili kasus yang melibatkan Facebook tersebut.

Akun pengunggah gambar vagina yang juga merupakan guru bahasa perancis ini pun diblokir. Dengan diblokirnya akun tersebut, pengajar bahasa ini tidak terima dan melayangkan gugatan hukum.

"Situs ini tidak tunduk terhadap yuridikasi Perancis, sebab pengguna 'menandatangani' persertujuan bahwa hanya pengadilan California yang bisa memerintah jika ada sengketa berkaitan dengan perusahaan," ujar Carolline Lyannaz, kuasa hukum Facebook pada sidang yang dilakukan pada 22 Januari lalu.

Pengacara guru bahasa tersebut, Stephane Cottneau mengatakan jika keputusan Pengadilan Perancis memenangkan kliennya adalah kemenangan pertama 'pertarungan David melawan Goliath'. Pengadilan akan mendengar kembali kasus ini pada 21 Mei mendatang.

Cottneau mengatakan, "keputusan ini akan menciptakan yurisprudensi untuk media sosial dan raksasa internet lain yang menggunakan keberadaan markas mereka di luar negeri, terutama Amerika Serikat, mencoba untuk menghindari hukum Perancis."

Memang Facebook tidak memperbolehkan pengguna mengunggah foto yang berbau seksual eksplisit. Akan tetapi dalam kebijakan tersebut, Facebook terkadang juga masih saja salah alamat dalam memberlakukannya.

(MKS)
Komentar