Emotiv, Main Game Dengan Pengontrol Pikiran

Sabtu, 07 Maret 2015 16:00
Emotiv, Main Game Dengan Pengontrol PikiranIlustrasi pengontrol pikiran @beritateknologi.com
Institute of Electrial and Electronics Engineers (IEEE) dalam Mobile World Congress yang di selenggarakan di Barcelona belum lama ini, mendemonstrasikan bagaimana kita dapat memainkan remote controle mobile melalui pengontrol pikiran, tanpa menyentuhnya.

Para gamers sejati tentunya akan menyambut kabar gembira dari teknologi yang sedang dikembangkan oleh perusahaan yang berkerja sama dengan Australian-based Emotiv ini. Bagaimana tidak, jika Anda bisa bermain game hanya dengan menggunakan sebuah headset yang dapat mengontrol pikiran Anda, tanpa harus menyentuh benda-benda lainnya.

Teknologi ini terdiri dari headset electroencephalography (EEG) Emotiv serta perangkat-perangkat yang dilatih agar dapat membaca pola pikir yang ada otak manusia dengan cara yang unik, bagaimana cara kerja alat yang disebut dengan 'A Driver' ini?

Mencoba Headset Emotiv

Caranya cukup simple, dengan memakai headset tersebut dan game dalam keadaan neutral state, Anda harus membersihkan pikiran-pikiran Anda dari hal-hal yang tidak berkaitan dengan game yang akan Anda mainkan. Anggap saja Anda akan memainkan game balap mobil, Anda akan diminta memikirkan apa yang harus anda lakukan untuk bermain game tersebut.

Selanjutnya dalam keadaan push state, roda mobil pada layar akan bergerak sebagai tanda jika game tersebut sudah terhubung dengan pola pikir otak Anda. Setelah itu Anda hanya tinggal menentukan apa yang akan Anda lakukan pada game, seperti melaju dengan cepat, mengerem atau yang lainnya.

Headset Emotiv

Cara kerja headset Emotiv adalah dengan sensor yang merekam aktivitas listrik pada kepala, dahi, dan diatas telinga kita. Menggunakan brain-computer interface, gelombang otak yang diukur dan dipantau oleh sensor mengakibatkan pola-pola yang nantinya diubah menjadi perintah.
(MKS)
Komentar