Jumlah Akun Twitter ISIS Mencapai 70 Ribu!

Sabtu, 07 Maret 2015 13:30
Jumlah Akun Twitter ISIS Mencapai 70 Ribu!Akun Twitter ISIS @dailymail.co.uk

Sebuah studi mengklaim berhasil membongkar peta dukungan terhadap Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dalam berbagai situs internet khususnya jejaring sosial Twitter.

Studi tersebut dilakukan independen oleh para ahli dengan Brookings Institution dan Google Ideas. Pihak Twitter tidak diikutkan dalam studi tersebut.

"Para jihadis akan mengeksploitasi segala jenis teknologi demi keuntungan mereka," kata J.M. Berger, ahli ekstremisme daring yang memimpin studi tersebut, seperti dilaporkan New York Times, Kamis (5/3).

ISIS diketahui mulai menggunakan Twitter sebagai basis untuk menyebarkan propaganda mulai Juni 2014 lalu.

Laporan studi setebal 92 halaman itu menyebutkan terdapat 46 ribu sampai 70 ribu akun yang beroperasi mengatasnamakan ISIS. Jumlah itu diperoleh menggunakan metode penyaringan untuk penyadapan.

"Kami yakin jumlah yang benar adalah kisaran yang lebih rendah," ujarnya. Setiap akun, rata-rata memiliki 1.000 follower.

Meski pihak Twitter sudah berulang kali memblokir akun yang menamakan ISIS, namun tak lama kemudian muncul akun lain dari simpatisan ISIS garis keras.

Yang terbaru, ISIS mengancam akan membantai sleuruh petinggi Twitter dan karyawannya sebab dinilai menghalangi ISIS menyebarkan propaganda ajakan untuk berjihad.

(Nay)
Komentar