Kerja Nyortir Jenis Kelamin Ayam, Gaji Rp 794 Juta Sepi Peminat

Sabtu, 07 Maret 2015 11:45
Kerja Nyortir Jenis Kelamin Ayam, Gaji Rp 794 Juta Sepi PeminatIlustrasi @huffingtonpost.co.uk

Industri unggas di Inggris saat ini mengalami paceklik tenaga ahli yang bertugas menyortir jenis kelamin ayam. Padahal, gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan, yakni 40.000 poundsterling atau sekitar Rp 794 juta per tahun.

Kepala eksekutif British Poultry Council, Andrew Large, mengungkapkan, butuh waktu tiga tahun untuk melatih seorang karyawan hingga mahir menentukan jenis kelamin anak ayam dalam waktu 3-5 detik.

"Butuh tiga tahun untuk melatih seseorang sehingga mereka dapat mengembangkan kepekaan dan ketangkasan dalam menentukan jenis kelamin ayam dan banyak orang tidak ingin menghabiskan waktu pelatihan selama itu," ungkap Andrew.

Tidak hanya itu, total ada 800 hingga 1.200 anak ayam yang harus diperiksa dalam waktu kerja 12 jam setiap harinya. Diharapkan ketepatan bisa mencapai 98 persen.

"Saya rasa masalahnya ada pada pekerjaan itu sendiri. Anda menghabiskan berjam-jam setiap harinya untuk melihat bagian belakang seekor ayam. Pekerjaan itu tidak terlihat menarik. Di Asia Tenggara, penentu jenis kelamin ayam merupakan pekerjaan dengan status yang tinggi. Di Inggris, pekerjaan itu hanya menjadi bulan-bulanan humor," tambah Large. Demikian dilansir dari Mirror, Jumat (6/3).

(Nay)
Komentar