Beli Gas Elpiji 3 Kg Harus Pakai KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)

Jum'at, 06 Maret 2015 19:15
Beli Gas Elpiji 3 Kg Harus Pakai KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)Ilustrasi @sampuawaltosilajara.blogspot.com
Pertamina memiliki wacana cuma rakyat miskin yang boleh beli gas elpiji 3 kg, dengan membawa KKS (Kartu Keluarga Sejahtera).

Hal ini bertujuan agar hanya warga yang benar-benar miskin yang berhak menikmati elpiji murah berwarna melon ini. Nantinya, KKS bisa menjadi jaminan gas 3 kg tersalurkan ke orang-orang yang berhak dan tepat.

Pertamina telah melakukan evaluasi dan menemukan jika selama ini terjadi migrasi penggunaan gas elpiji 12 kg ke gas elpiji 3 kg. Hal ini karena perbedaan harga yang mencolok antara kedua produk tersebut.

Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Sudirman Said akan berkoordinasi dengan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa untuk mewujudkanagenda jika hanya rakyat kurang mampu yang berhak membeli gas elpiji 3 kg.

"KKS itu akan menjadi identitas orang yang tidak mampu, dan sedang dikaji apakah bisa menjadi syarat bagi masyarakat yang hendak membeli gas tersebut," kata Menteri Sudirman, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Media manager Pertamina Adiatma Sardjito siap menjalankankartu sakti tersebut untuk penyaluran gas 3 kg untuk masyarakat kurang mampu.

"Soalnya yang paling tahu rakyat miskin dan nggak miskin kan RT-RW, atau Pemda. Dari situ kita kasih kartu dan hanya orang miskin yang boleh membeli gas 3 kg. Kenapa (ini bisa) efektif? Karena KKS itu mekanisme yang paling sederhana ketimbang yang lain." kata Adiatma Sardjito.

Namun, masih belum diketahui kapan hanya pemegang KKS yang boleh menikmati gas melon ini.

"Untuk waktunya kapan kartu itu keluar, bukan kapasitas kami untuk menjawab. Itu wilayahnya Dirjen migas." jawab Adiatma.
(ec)
Komentar