Presiden Uruguay Termiskin Lengser, Pulang Naik Mobil Butut

Kamis, 05 Maret 2015 17:15
Presiden Uruguay Termiskin Lengser, Pulang Naik Mobil BututPresiden Uruguay Jose Alberto Mujica @mirror.co.uk

Presiden Uruguay Jose Alberto Mujica mundur dari jabatannya pada awal pekan ini. Politikus bersahaja 79 tahun itu digantikan oleh Tabare Vazquez, yang memenangkan pemilu.

Jose rupanya sadar betul makna menjadi pemimpin yang dipercaya rakyatnya. Dia memilih hidup sederhana, dan menjauhi sikap korup untuk memupuk kekayaan bagi keluarganya.

Hebatnya lagi, Jose menyumbangkan 90 persen gajinya sebesar Rp 120 juta kepada warga miskin dan pengusaha kecil. Pun demikian dengan tempat tinggal, ia memilih hidup di rumah sederhana dan jauh dari hingar bingar perkotaan.

Untuk menghemat pengeluaran, Jose dan istrinya yang juga anggota Senat menanam sayuran dan bunga di sepetak lahan mereka. Saat panen, mereka menjualnya di pasar. Atas kesederhanaannya, Jose yang bersahaja ini sangat dicintai rakyatnya.

Saat momen perpisahannya, Jose tetap memilih mengendarai mobil bututnya, Volks Wagen Beetle atau mobil VW Kodok.

Selama menjabat, Jose sempat menuai kontroversi sebab melegalkan ganja. Tapi, disamping itu, dia dianggap sukses mengentas jumlah rakyat miskin serta perluasan lapangan kerja, hingga meningkatnya upah minimum buruh.

Sementara itu, presiden pengganti Vazquez sebelumnya pernah memimpin Uruguay pada periode 2005-2010.

Salah satu sektor yang akan dikebut oleh Vazquez adalah pendidikan dan keamanan. Pada saat meninggalkan jabatannya, Vazquez membuat kebijakan '1 laptop per anak'.

"Kami akan memantau program-program warisan (Mujica). Jika dirasa menyimpang, pemerintahan sekarang akan mengoreksinya," kata Vazquez. Demikian dilansir dari IBTimes.

(Nay)
Komentar