Singapura, Kota Termahal Sedunia

Rabu, 04 Maret 2015 12:15
Singapura, Kota Termahal SeduniaSingapura @world-finance-conference.com
Singapura dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal di dunia oleh Lembaga Economist Intelligience Unit (EUI).

Singapura dua tahun berturut-turut memperoleh status kota termahal sedunia. Sebelumnya Ibu Kota Tokyo, Jepang adalah kota dengan biaya hidup yang paling mahal di dunia, dilansirdari Channel News Asia, Selasa (3/3).

Dengan skor indeks biaya hidup 44,59, Jakarta berada di posisi tengah dibanding dengan Bandar Seri Bengawan (Brunei), Kuala Lumpur (Malaysia), atau Bangkok (Thailand), pengeluaran biaya hidup warga kawasan Ibu Kota Jakartamasih lebih murah.

EUI melakukan survei dengan cara mengukur harga 160 barang kebutuhan sehari-hari dan layanan publik, misalnya tarif transportasi, listrik, dan sumber daya lainnya. Kemudian basis data tersebut digunakan oleh 133 kota diseluruh dunia.

EUI menulis bahwa Harga barang-barang kebutuhan pokok di Singapura tercatat 11 persen lebih mahal dibanding kota New York, pusat bisnis Amerika Serikat, Ongkos kepemilikan mobli di negara kota itu pun lebih mahal. Sehingga ongkos transportasi di Singapura lebih mahal tiga kali lipat dibanding New York.

Selain di Singapura, harga baju dan produk fesyen di Ibu Kota Seoul, Korsel juga lebih menguras kantong dibanding kota lainnya.

Sedangkan Tokyo sudah keluar dari posisi lima besar kota paling mahal sedunia pada daftar ini. Mengikuti Singapura sebagai negara termahal biaya hidup sehari-hari adalah Ibu Kota Paris, Perancis, serta Oslo (Norwegia), Zurich (Swiss), dan Sydney (Australia)

Sementara dari kota-kota yang biaya hidupnya poaling murah sebagian besar adalah dari Asia Selatan Ibu Kota Karachi, Pakistan, yang dinobatkan oleh EUI sebagai Kota termurah di dunia. Di ikuti oleh Bangalore (India), Cacaras (Venezuela), Mumbai (India) dan Chennai (India).
(MKS)
Komentar