Apple iPhone 6 vs Samsung Galaxy S6 vs HTC One M9

Selasa, 03 Maret 2015 21:45
Apple iPhone 6 vs Samsung Galaxy S6 vs HTC One M9Samsung Galaxy S6 vs HTC One M9 vs Apple iPhone 6 @detik.com

Terasa tak adil jika membandingkan kualitas bodi ponsel flagship milik Apple, HTC dan Samsung selama dua tahun kebelakang, karena Apple dan HTC sudah memakai bahan metal yang terasa mewah, dan Samsung masih mengendalkan casing belakang berbahan plastik yang terkesan murahan.

Akan tetapi berbeda sejak Samsung merilis Galaxy Note 4, di mana pabrikan asal Korsel itu juga memakai bahan metal pada bodi ponselnya, juga ponsel yang pada ajang MWC (Mobile World Congress) tahun 2015 baru diluncurkan yaitu Galaxy S6.

Akan tetapi ponsel tak Cuma dibandingkan dengan kualitas bodi. Ada juga aspek yang penting, seperti prosesor, layar, dan lainnya. Seperti apa perbandingan antara Apple iPhone 6, Samsung Galaxy S6 serta HTC One M9?

Desain

Samsung Galaxy S6 memakai panel kaca Gorilla Glass 4 sebagai penutup layar dan casing belakang tak seperti pendahulunya Samsung Galaxy S4 dan S5. Diperkuat juga dengan alumunmium yang di klaim sangat kuat dan tak akan bisa bengkok. Sementara iPhone 6 dan One M9 menggunakan casing belakang berbahan alumunium yang terkesan mewah.

Dari ketiga ponsel tersebut hanya iPhone 6 dan Galaxy S6 yang masih menggunakan tombol hom, juga tempat sensor sidik jari.

Kesimpulannya, ketiganya menawarkan kualitas desain yang sangat tinggi. Akan tetapi tak terbantahkan kualitas bahan yang digunakan Apple belum bisa disaingi oleh semua kompetitornya. Bahkan oleh HTC yang sudah berulang kali memakai material alumunium.

Layar

Pada layar Samsung dapat menungguli kepadatan pixel dari kedua pesaingnya itu. Layar Super AMOLED 5,1 inch mempunnyai resolusi 1.440 x 2.560 pixel. Kepadatan pixel Galaxy S6 mencapai 576 ppi.

HTC yang masih mengandalkan layar 5 inch beresolusi full HD atau 1.080 x 1.920 pixel. Yang berarti mempunyai kepadatan pixel 441 ppi. Dan iPhone jauh lebih kecil lagi yaitu layar 4.7 inch dengan resolusi 750 x 1.334 pixel atau kepadatannya hanya 326 ppi.

Namun kemampuan dalam memproduksi warna dan tingkat kecerahan juga mempengaruhi kualitas layar, dan di aspek inilah iPhone yang paling unggul.

Cukup sulit untuk membandingkan spesifikasi bebasis OS Android dan iOS. Spek diatas kertas ponsel Android akan jauh di atas iPhone. Begitu juga dengan One M9 Galaxy S6 dan iPhone 6.

Tak disebutkan secara detail prosesor yang digunakan, Samsung jelasmenggunakan prosesor Exynos octa core 64 bit di Galaxy S6. Prosesor dengan pabrikasi 14nmm ini terdiri dari 4 core berkecepatan 2,1Ghz, serta 4 core berkecepatan 1,5 Ghz. RAM-nya berkapasitas 3GB bertipe LPDDR4.

Tidak mau ketinggalan prosesor yang digunakan HTC adalah Qualcomm yang tercepat saat ini, yaitu Snapdragon 810. Prosesor ini telah berteknologi octa core dan juga mendukung 64 bit. Sebagai penopang performanya HTC memberi RAM yang berkapasitas 3GB.

Dan iPhone mempunyai spek terendah, hanya dibekali prosesor dual core yang hanya berkecepatan 1,4Ghz dengan RAM 1GB. Akan tetapi di optimalkan dengan software dan OS yang lebih ringan, performanya tentu dapat bersaing dengan Galaxy S6 dan One M9.

Kamera

Pada bagian ini Galaxy S6 menggunakan kamera 16 megapixel sebagai kamera belakang dilengkapi optical image stabilization dengan bukaan diafragma yang lebih besar, yaitu f/1,9.

Sedangkan HTC mengganti kamera UltraPixel dan memilih kamera 20 megapixel pada kamera belakang. Serta sensor memakai backSide Iluminated (BSI) teknologi yang di kombinasi dengan bukaan f/2.2.

Sementara iPhone 6 kembali di posisi terbawah dalam bagian ini. Kamera hanya 8 megapixel, resolusi yang masih tergolong rendah untuk ponsel diatas Rp 10 juta

Baterai

Samsung diklaim mampu bertahan dipakai beroperasi di dunia maya dengan jaringan LTE selama 11 jam dengan baterai berkapasitas 2.550 mAh. Pada iPhone 6 kapasitas baterai 1.810 mAh bisa untuk waktu bicara selama 14 jam di jaringan 3G.

Dan One M9 memiliki yang paling besar dibanding dua kompetitornya tersebut yakni 2.830 mAh. Tak jelas berapa jam baterai tersebut dapat bertahan

(MKS)
Komentar