Samsung Galaxy S6, Pesaing iPhone 6

Selasa, 03 Maret 2015 15:00
Samsung Galaxy S6, Pesaing iPhone 6Samsung Galaxy S6 @cdn.bgr.com

Samsung dalam waktu dekat akan merilis ponsel terbarunya yaitu Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge.

Model plastik yang selama ini menjadi ciri khas ponsel Samsung pun sepertinya akan ditinggalkan. S6 dan S6 Edge didesain dengan materi metal dan kaca yang baru. Meski tidak meluncurkan aplikasi khusus pembayaran seperti rivalnya Apple Pay.

Dalam beberapa waktu lalu, Apple yang meluncurkan layar lebar sempat mendapat cemooh, karena dianggap meniru Samsung dan meninggalkan ciri khas mereka selama ini. Namun justru hal tersebut dapat mendongkrak penjualan.

Konsumen Samsung yang gemar terhadap desain layar lebar pun mulai melirik Apple, dengan harapan tersebut kini Samungturut meniru Apple dengan bahan metal dan kaca.

Samsung Electronics Co mengatakan bahwa penampilan barunya ini berdasarkan riset selama bertahun-tahun, ponsel Samsungyang baru berdesain semakin tipis.

"Kami ingin mengakhirinya dengan perangkat yang dingin dan sangat industrial," kata desainer senior Samsung, Hon Yeo.

Pada frame S6 dan S6 Edge menggunakan kaca pada kedua sisi ponsel dan metal. Software yang digunakan semakin sederhana dengan mengganti ikon gambar dengan tulisan.

Tidak seperti ponsel-ponsel Samsungjaman dulu, yang ponselnya bisa menukar baterainya dengan baterai cadangan, bersama Apple, HTC, Xiaomi dan ponsel lainnya kini Samsung tidak bisa melepas baterai.

S6 memiliki layar 5,1 inci namun dengan resolusi yang lebih tinggi yaitu 577 pixel per inci, naik dari 432 pixel per inci pada Galaxy S5. Sebagai perbandingan, Apple dengan iPhone 6 4,7 incinya memiliki 326 pixel per inci, dan juga peningkatan pada sensor sidik jari.

Pada akhirnya, S6 dan S6 Edge lebih ringan, lebih tipis dan juga lebih ramping dari S5, ponsel baru samsung tersebut juga akan menggunakan teknologi dari LoopPay, startup yang baru dibeli Samsung.

Teknologi LoopPay memproduksi sinyal dari menggesek magnet kartu kredit, sehingga bisa bekerja dalam peralatan retail yang ada. Ponsel ini akan rilis di luar negeri pada 10 April dengan harga yang diumumkan secara langsung.

(MKS)
Komentar