Iklankan Motor Curian di FB, 5 Pelajar Curanmor Ditangkap

Rabu, 25 Februari 2015 10:00
Iklankan Motor Curian di FB, 5 Pelajar Curanmor DitangkapPelaku curanmor ditangkap polisi @detik.com

Komplotan penjahat pencurian motor atau curanmor di Cilacap berhasil dibekuk polisi karena memposting foto motor curian di Facebook. Yang membuat miris, sebagian besar dari pelaku masih berstatus pelajar.

Mereka dibekuk Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah usai mengiklankan motor hasil curian ke berbagai media sosial.

"Walau lima pelaku berstatus pelajar, dalam melakukan aksinya mereka sudah sangat lihai dan memiliki target waktu dalam mengeksekusinya. untuk satu target motor hanya dilakukan dalam waktu dua menit. Jika dalam menjalankan aksinya lebih dari dua menit, pelaku langsung mengurungkan aksinya," kata Kapolres Cilacap, AKBP Ulung Sampurna Jaya di Markas Polres Cilacap, Selasa (24/2), dilansir dari Merdeka.

Dalam beraksi, komplotan ini berbekal kunci letter T dan mengincar motor yang tidak dikunci ganda. Setelah itu mereka menjual kembali motor-motor itu dengan harga miring di forum jual beli di internet.

Dari hasil penangkapan 6 pelaku, polisi juga mengamankan 5 unit kendaraan bermotor berbagai merk, serta beberapa set kunci T dan plat kendaraan palsu.

Sementara terkait hukuman yang diberikan, Untung menjelaskan mereka akan mendapat bimibingan sebab masih di bawah usia. "Oleh karena itu, dalam proses selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan Pihak Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Purwokerto," tuturnya.

Adapun keenam pelaku tersebut masing-masing berinisial Da (18), De (17), Di (17), A (18), L (18), dan E (30) yang dibekuk pada Sabtu (14/2) lalu.

Penangkapan tersebut berawal dari laporan seseorang yang mengaku ditawari pelaku, DA, sebuah motor dengan harga murah namun tanpa kelengkapan surat. Setelah melakukan penyelidikan, polisi berhasil membekuk DA yang kemudian menyeret kelima rekannya.

(Nay)
Komentar