Masih Dunia Lain & Mister Tukul Jalan-jalan Lecehkan Umat Hindu Bali

Selasa, 24 Februari 2015 17:45
Masih Dunia Lain & Mister Tukul Jalan-jalan Lecehkan Umat Hindu BaliMasih Dunia Lain @twitter.com/MasihDuniaLain
Trans 7 diprotes kelompok masyarakat Bali usai menayangkan acara bertema mistis, yaitu (Masih) Dunia Lain dan Mister Tukul Jalan-jalan yang dianggap dapat menciptakan keresahan dan persepsi buruk terhadap agama Hindu. LSM Puskor Hindu Indonesia dan Cakra Wayu Bali melaporkan Trans 7 pada Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Senin (23/2).

"Lokasinya di area pura. Ini yang tidak tepat," kata Ketua LSM Puskor Hindu Ida Bagus Susena, seperti dikutip Tempo.co. Ia juga protes karena sang host tak memakai busana adat Bali ketika ada di lokasi Pura, sehingga dianggap kurang menghormati tempat ibadah tersebut.

Ida Bagus mengatakan bila episode Pohon Beringin Sarang Leak di acara (Masih) Dunia Lain tersebut telah menghina pemeluk Hindu Bali. Pasalnya, Leak yang merupakan salah satu ajaran Tantrayana disamakan dengan jin dan makhluk halus lainnya. Demikian dengan pohon beringin. Sebab pohon itu dihormati dan diberikan sesaji untuk simbol kedekatan alam dengan masyarakat Hindu Bali.

Ia pun meminta 2 acara Trans 7 ini untuk dihentikan penyiarannya. Ida Bagus mengungkapkan bahwa acara sejenis itu sebaiknya didampingi pemuka adat dan agama Hindu setempat. Ia juga berharap agar stasiun TV melakukan sensor terlebih dahulu sebelum menayangkan acara sejenis.

Ida Bagus juga ingin mengirim surat protes pada Trans 7 yang ditembuskan pada KPI Bali, Gubernur Bali serta Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Bali. Ia mengharapkan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) tak memberi izin syuting program TV serupa dan juga meminta KPI untuk lebih cermat mengamati program TV yang menyangkut spiritual Bali.

KPI Bali juga sudah mempertemukan pelapor dengan perwakilan manajemen Trans 7 di Bali. KPI Bali juga bakal menyampaikan protes ini pada KPI Pusat di Jakarta. Sementara itu, KPI Bali hendak mengadakan rapat pleno untuk menanggapi protes ini dan memeriksa lebih lanjut dugaan pelanggaran dalam (Masih) Dunia Lain dan Mister Tukul Jalan-jalan.
(hdk)
Komentar