Matahari Kembar Muncul di Rusia, Tanda Kiamat?

Jum'at, 20 Februari 2015 13:00
Matahari Kembar Muncul di Rusia, Tanda Kiamat?Matahari kembar di Russia @mirror.co.uk

Fenomena cuaca langka yang mengakibatkan matahari terlihat ada dua terjadi di Rusia. Pemandangan itu sempat direkam oleh pengendara mobil bernama Evgenii Kireev (43).

Kireev saat itu sedang mengendarai mobilnya dan hendak membelokan mobilnya di sebuah jalan tapi tiba-tiba penglihatannya mendadak "buta" karena sinar terang. Setelah beberapa saat kemudian, matanya pulih. Dia menyadari bahwa sinar terang itu berasal dari dua matahari yang muncul di hadapannya.

Sesampainnya di rumah, dia mengatakan kepada teman-temannya namun justru dibilang sedang mabuk.

"Saya sedang dalam perjalanan untuk bekerja dan melihat itu sangat cerah, tapi tidak bisa percaya ketika saya menyadari ada dua matahari bersinar di langit. Saya harus mengakui saya hampir meragukannya sendiri, tapi itu semua ada pada kamera, jelas untuk melihat. Ada dua matahari bersinar di langit," ujar Kireev seperti dilansir Mirror, Rabu (18/2).

Sementara itu, Kepala Pusat Cuaca Olga Mokeeva menjelaskan fatamorgana tersebut disebabkan oleh pembiasan cahaya saat memasuki atmosfer.

"Apa pun yang mendistorsi cahaya saat melewati atmosfer memiliki kemampuan untuk menyebabkan fatamorgana, dan dalam hal ini adalah kemungkinan besar disebabkan oleh udara dingin membuat kristal kecil es yang telah dikenal untuk memberikan kesan bahwa ada bulan kedua atau matahari kedua," ujar Olga.

Olga menambahkan, biasnya, fatamorgana semacam ini bisa diamati ketika bulan atau matahari berada pada titik yang sangat rendah. Cahaya yang melewati dekat pesawat ke tanah mengandung kristal yang meningkatkan kemungkinan terjadinya distorsi penglihatan.

(Nay)
Komentar