Muslim Pembunuh Penghina Nabi Ditembak Mati Polisi Denmark

Senin, 16 Februari 2015 15:45
Muslim Pembunuh Penghina Nabi Ditembak Mati Polisi DenmarkPolisi Denmark pascah insiden penembakan di Sinagog @cnn.com

Diskusi keagamaan yang digelar di Kafe Krudttnden, Denmark, Sabtu (14/2) berakhir dengan penembakan yang memakan korban jiwa. Penembakan yang dilakukan pemuda 22 tahun bernama Omar Abdel Hamid El-Hussein itu menewaskan sutradara Finn Nrgaard serta melukai beberapa peserta diskusi lainnya.

Polisi yang bergerak cepat akhirnya berhasil menembak mati Omar Abdel Hamid El-Hussein setelah membunuh 2 orang di Sinagog Kopenhagen dan kafe.

Pejabat setempat, Jens Madsen mengatakan, pelaku sudah masuk dalam radar agen intelijen sebelum insiden penembakan tersebut. Madsen menambahkan, ada dugaan pelaku terinspirasi oleh insiden Charlie Hebdo di Paris awal bulan lalu. Selain itu, pelaku juga beraksi seorang diri.

Meski demikian, polisi tidak memastikan apakah pelaku mendapatkan pelatihan militer di Timur Tengah. Namun, dari penggeledahan didapat sebuah senjata otomatis yang disinyalir digunakan saat beraksi Sabtu lalu.

Polisi juga melebarkan penggeledahan besar-besaran hingga ke warnet-warnet pada Minggu (15/2) kemarin. "Ini merupakan bagian dari penyelidikan kami," ungkap polisi, dilansir dari The Guardian.

Selain korban tewas Finn Nrgaard, diskusi itu juga dihadiri seniman kontroversial asal Swedia, Lars Vilks. Lars pernah membuat publik geram karena membuat karikatur Nabi Muhammad.

Setelah menyerang kafe, pada pukul 01.00 dini hari, seorang penjaga Sinagog di Krystalgade, Dan Uzan tewas tertembak. Dua polisi juga ikut tertembak tapi bisa selamat.

(Nay)
Komentar