Temui Sultan Brunei, Jokowi Pakai Jas 'Kampungan'

Selasa, 10 Februari 2015 16:30
Temui Sultan Brunei, Jokowi Pakai Jas 'Kampungan'Presiden Jokowi dan Sultan Hassanal Bolkiah @tribunnews.com

Presiden Jokowi menjadi sorotan netizen terkait penampilannya kala melakukan lawatan ke Brunei dan bertemu dengan Sultan Hassanal Bolkiah. Dalam pertemuan tersebut, ada pemandangan yang mengganggu, yaitu cara berpakaian Jokowi yang dinilai ndeso alias kampungan.

Saat itu satu buah kancing jas yang dikenakan Jokowi tidak terpasang dengan benar, sehingga saat berfoto, dasi yang seharusnya tersembunyi di kemeja ikutan nyempil keluar.

Penampilan itu kontras jika disandingkan dengan Sultan Hassanal Bolkiah yang tampak tegas dan berkelas saat difoto. Tak ayal, Jokowi menjadi perbincangan di media sosial.

jas-jokowi-norak

Salah satunya Rahmad Agus Koto yang menuliskan, "Aihh kok bisa ya Jokowi tidak menyadari penampilannya yang cukup memalukan itu? Bertambah heran lagi mengapa istrinya, petugas "wardrobe" kepresidenan dan orang-orang di sekitarnya tidak mengingatkan kancing pakaian Jokowi yang terlihat jelas begitu, terkesan urakan," kata dia.

Namun, rupanya cara mengenakan jas Jokowi tersebut sudah benar menurut aturan "kardinal" pemakaian jas.

Nah, aturan Kardinal pemakaian jas tersebut ada dua macam, yaitu:

Pertama, jika jas memiliki tiga kancing, maka yang wajib dikatupkan adalah kancing tengah. Sementara kancing bawah tidak boleh dikatupkan.

Kedua, jas memiliki dua kancing hanya bagian atas saja yang dikatupkan. Sedangkan kancing paling bawah tidak diperkenankan dikatupkan.

Berdasarkan aturan tersebut, maka pemakaian jas Jokowi sudah benar. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

(Nay)
Komentar