Jokowi: Kalau Mobnas Harus ESEMKA

Selasa, 10 Februari 2015 09:30
Jokowi: Kalau Mobnas Harus ESEMKAPresiden Jokowi dan mobil Esemka @tempo.co

Presiden Jokowi membantah tudingan terkait kerjasama dengan Malaysia yang ingin mengembangkan mobil nasional atau mobnas.

Saat ditanya, Jokowi tegas mengatakan jika ingin mengembangkan mobnas, tentu harus Esemka.

"Kalau bicara mobil nasional, tentu saja saya akan berbicara Esemka. Kalau mau bicara mobil nasional," ujar Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (10/2).

Jokowi menjelaskan, apa yang terjadi di Malaysia Jumat (6/2) lalu adalah murni bisnis pihak swasta. "Artinya, yang tadi (Proton) itu B to B. Apa perlu saya jelasin B to B itu apa?" kata Jokowi seraya tertawa.

Jokowi menambahkan, hingga saat ini belum ada rencana fokus mengembangkan mobil nasional. Namun, ujarnya, jika itu terjadi, tentu saja prinsipnya harus asli dalam negeri.

"Belum berpikir sejauh ini (pengembangan mobil nasional). Tetapi yang jelas, kalau namanya mobil nasional, itu brand dan prinsipalnya itu Indonesia," katanya.

"Kalau saya misalnya menengok sebuah industri, sebuah manufaktur di negara lain tentu adalah hal yang sangat wajar," tambah Jokowi.

Sebelumnya diberitakan Jokowi dalam kunjungannya ke Malaysia, Jumat pekan lalu turut menyaksikan acara MoU antara perusahaan otomotif Malaysia Proton Holdings BHD dengan perusahaan swasta asal Indonesia, PT Adiperkasa Citra Lestari milik Hendropriyono. Demikian dilansir dari Detik.

(Nay)
Komentar