Jenazah Pilot AirAsia Berhasil Dievakuasi dari Kopkit Pesawat

Sabtu, 07 Februari 2015 10:30
Jenazah Pilot AirAsia Berhasil Dievakuasi dari Kopkit PesawatTim Basarnas mengevakuasi jenazah korban AirAsia QZ8501 dan Kapten Pilot Irianto (insert)@tempo.co

Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi jenazah pilot AirAsia QZ8501 yang ditemukan berada di kopkit pesawat. Kepala Basarnas FHB Soelistyo membenarkan penemuan jenazah pilot itu jika dilihat dari seragamnya.

"Diduga pilot karena pakaiannya dan ditemukan di kursi kokpit," ujarnya, dilansir dari Merdeka, Sabtu (7/2).

Soelistyo menambahkan, satu jenazah pilot itu kemudian dievakuasi dengan KM Pacitan. Kondisi jenazah pilot itu sudah tidak utuh sehingga sulit diidentifikasi secara langsung.

"Sudah dievakuasi 1 jenazah dugaan pilot di atas kapal basarnas KM Pacitan," ujarnya.

Namun, Soelistyo belum bisa memastikan, apakah jenazah pilot itu merupakan jenazah Kapten Pilot Iriyanto atau jenazah kopilot Remy Plesel. Sementara para penyelam akan kembali melanjutkan pencarian hari ini sebab satu jenazah pilot lainnya diduga masih berada di kopkit.

"Yang satu diduga masih di dalamnya. Mudah-mudahanan besok pagi yang satu bisa diangkat. Kan kru yang belum ketemu memang tinggal mereka (pilot)," jelas Soelistyo.

Soelistyo juga belum bisa memastikan apakah timnya akan mengevakuasi dengan mengangkat kopkit pesawat tersebut. Yang jelas, saat ini prioritas utama adalah mengevakuasi jenazah pilot.

"Kokpit berada di kurang lebih 20 m dari body pesawat. Tergantung (diangkat atau tidaknya), tapi yang penting jenazah dulu yang kita evakuasi," tutup penerbang TNI AU tersebut.

(Nay)
Komentar