Jokowi Tunjuk Proton Jadi Mobnas, Apa Kabar ESEMKA?

Sabtu, 07 Februari 2015 09:30
Jokowi Tunjuk Proton Jadi Mobnas, Apa Kabar ESEMKA?Jokowi meyaksikan kesepakatan dengan Proton di Malaysia, Jumat (6/2) @bernama.com

Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Malaysia, Jumat (6/2) menyaksikan penandatanganan MoU antara Proton Holdings Berhad (Proton) dan PT Adiperkasa Citra Lestari dari Indonesia di kantor pusat Proton.

Kunjungan pabrik mobil Proton itu merupakan rangkaian lawatan Jokowi ke malaysia untuk kali pertama sejak dilantik menjadi presiden. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyaksikan kesepakatan kerjasama mewujudkan mobil nasional (mobnas) Indonesia.

Hadir dalam penandatanganan antara lain Presiden Joko Widodo (Jokowi), Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak,Pemimpin Proton Tun Dr Mahathir Mohamad, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim dan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno.

Adapun PT Adiperkasa Citra Lestari adalah milik AM Hendropriyono yang juga mantan penasehat Tim Transisi Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla.

Seperti dilansir dari Associated Press (AP), Proton mengatakan bahwa kedua perusahaan akan melakukan studi kelayakan dan menjalani kerja sama dalam proyek mobnas di Indonesia. Jika hasil studi menunjukan proyek ini layak, maka akan berlanjut ke kerjasama usaha patungan.

"Kami ingin menggunakan kerja sama dengan Indonesia untuk berekspansi menjadi mobil ASEAN," ujar Chairman Proton Mahathir Mohammad yang juga mantan Perdana Menteri Malaysia.

Sementara itu, penunjukan Proton sebagai mobnas dirasa janggal, sebab saat menjadi Walikota Solo, Jokowi kerap mempromosikan ESEMKA menjadi mobnas. Beberapa seri ESEMKA yakni Rajawali II dan Esemka Bima sempat digadang-gadang akan digarap sebagai mobil nasional.

(Nay)
Komentar