Budi Gunawan Batal Dilantik, Kompolnas Ajukan 4 Nama Calon Kapolri

Kamis, 05 Februari 2015 12:00
Budi Gunawan Batal Dilantik, Kompolnas Ajukan 4 Nama Calon KapolriKomjen Budi Waseso calon Kapolri @detik.com

Presiden Jokowi akhirnya membatalkan pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Sebagai gantinya, Kompolnas mengusulkan 4 nama baru sebagai calon Kapolri. Mereka adalah Komjen Badrodin Haiti (Wakapolri), Komjen Budi Waseso (Kabareskrim), Komjen Dwi Priyatno (Irwasum), dan Komjen Putut Bayu Seno (Kabaharkam).

Kepastian jika Budi Gunawan tidak jadi dilantik disebutkan oleh Komisioner Kompolnas Adrianus Meliala, "Beliau (Jokowi) konsisten dan komitmen ya, tidak akan melantik Komjen Budi Gunawan."

Sementara itu, Ketua Tim 9 Syafii Maarif mengatakan bahwa Presiden Jokowi belum mengumumkan pembatalan Budi Gunawan sebab masih menunggu waktu yang tepat. Hal senada juga disampaikan oleh wakil ketua Tim 9, Jimly Asshiddiqie.

Meski demikian, Kompolnas menyebutkan jika nama-nama yang mereka ajukan tidak berarti jauh dari kasus hukum. "Calon yang kami ajukan belum tentu ideal. Kami juga punya keterbatasan. Selain itu, saat ini kan sudah mendesak, Polri butuh pimpinan," terang Adrianus Meliala.

Seperti diberitakan sebelumnya, pencalonan Budi Gunawan sebagai kapolri memicu gejolak politik yang melibatkan banyak elite di negeri ini. Sebut saja konflik KPK vs Polri yang memanas dan dikhawatirkan menjadi Cicak Vs Buaya jilid III. Demikian diberitakan dari Kompas.

(Nay)
Komentar