Laskar Bali Diklaim Lebih Berbahaya Dari Yakuza dan Triad

Rabu, 04 Februari 2015 16:45
Laskar Bali Diklaim Lebih Berbahaya Dari Yakuza dan TriadOrmas Laskar Bali @kaskus.co.id

Situs Rocketnews24, menampilkan laporan mengejutkan yang menyebut Organisasi Masyarakat Laskar Bali sebagai geng kriminal paling berbahaya di Asia, Selasa (2/2).

Laskar Bali dinilai meneror bisnis pariwisata lewat aksi memalak. Rocketnews juga memetakan lima geng besar yang ada di Pulau Bali, namun Laskar Bali berada paling puncak. Rata-rata mengantongi izin pemerintah dan dibalut sebagai paguyuban keluarga besar.

"Laskar Bali menjalin banyak kontrak pengamanan dengan restoran dan kelab malam kawasan wisata di Bali. Mulai dari Kuta, Legian, hingga Seminyak, dijaga oleh anggota Laskar Bali," ungkap penulis artikel, Amy Chavez.

Ormas Laskar Bali sempat pecah kongsi dan menghasilkan Baladika yang juga fokus pada bisnis jasa keamanan. Jumlahnya mencapai 25.000 orang.

Amy mengatakan mendapat informasi dari warga lokal yang juga merasa terganggu dengan keberadaan geng tersebut. "Mereka sangat berkuasa," kata salah satu narasumber bernama Ketut.

Sementara itu, pengguna jasa Laskar Bali bernama Wayan mengatakan jika ormas ini tidak berbahaya. Malah, imbuhnya, bisnisnya menjadi aman setelah menggunakan jasa Laskar Bali. Dalam sebulan, Wayan menyetor uang Rp 500 ribu. Sedangkan untuk hotel berbintang berkisar Rp 1 juta.

"Jika ada yang bikin onar di restoran kami, (Laskar Bali) bergerak lebih cepat dari polisi," ungkap Wayan.

Lain Wayan, lain pula Kathryn Bonella yang menuliskan dalam bukunya berjudul, Snowing in Bali. Bonella menuding jika Laskar Bali memuluskan perdagangan narkoba, senjata ilegal, serta prostitusi. "Laskar Bali bisa lepas dari stigma karena setiap ada anggota berbuat onar, maka organisasi ini akan mengatakan tidak ada kaitannya," tulis Bonella.

Saking berkuasanya, tulis Bonella, polisi hingga surat kabar lokal tidak berkutik jika terkait sepak terjang ormas tersebut. Situs Rocketnews juga membandingkan Laskar Bali dengan Yakuza Yamaguchi-gumi dan Triad di Makau sebagai geng berbahaya di Asia lainnya.

(Nay)
Komentar