'Muhammad, Messenger of God', Film Termahal Iran Tentang Sejarah Nabi

Rabu, 04 Februari 2015 17:00
'Muhammad, Messenger of God', Film Termahal Iran Tentang Sejarah NabiFilm Muhammad, Messenger of God @theguardian.com
Film Muhammad, Messenger of God baru saja tayang perdana di Fajr International Film Festival ke-33, Minggu (1/2/2015). Dikutip Muvila, film termahal Iran ini adalah biopic Nabi Muhammad yang digarap oleh sutradara Majid Majidi, yang pernah menggarap Children of Heaven, The Song of Sparrows, dan Baran.

Film Muhammad, Messenger of God tayang di luar acara kompetisi Fajr International Film Festival, sehingga tak akan dinominasikan dalam acara. Hal ini memang permintaan dari Majid, mengingat sosok Rasulullah memang harus dijaga kemuliaannya.

Muhammad, Messenger of God menghabiskan dana sekitar Rp 300 miliar. Dana fantastis ini kabarnya didukung penuh oleh pemerintah Iran melalui Yayasan Bonyad Mostazafan. Proses syutingnya juga dilakukan secara tertutup dan tak banyak diliput oleh media.

Proses penggarapannya pun sangat diperhatikan betul. Pasalnya untuk syuting saja menghabiskan waktu lebih dari 5 tahun. Detilnya tampak dari bangunan kota Mekah dan Madinah yang dibuat sesuai arsitektur abad ke-6.

Lokasi syutingnya mengambil di selatan kota Teheran, dekat kota suci Qom. Majid sampai pindah syuting di Afrika Selatan karena India tak bersedia dijadikan tempat syuting.

Muhammad, Messenger of God adalah seri pertama dari trilogi film mengenai sejarah hidup Nabi Muhammad. "Cerita film dimulai dengan masa dewasa (Nabi Muhammad), dan masa kanak-anak lalu diperlihatkan lewat flashback. Kami memilih periode sebelum Muhammad menjadi nabi," tutur Majid.
(hdk)
Komentar