Basarnas: Evakuasi AirAsia QZ8501 Tidak Dihentikan

Kamis, 29 Januari 2015 10:15
Basarnas: Evakuasi AirAsia QZ8501 Tidak DihentikanTim Basarnas mengevakuasi pecahan pesawat AirAsia QZ8501 @tempo.co

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo pada Rabu (28/1) kemarin menepis jika proses evakuasi badan pesawat AirAsia akan dihentikan.

''Penarikan unsur TNI tidak ada hubungannya dengan penghentian operasi pencarian dan pertolongan Air Asia QZ 8501. Operasi tersebut akan tetap dilanjutkan,'' kata Soelistyo di Kantor Basarnas.

Soelistyo mengakui apabila penarikan kapal TNI menimbulkan penafsiran penghentian evakuasi. Namun, Soelistyo membantahnya

Sebelumnya diberitakan jika Basarnas memutuskan menghentikan evakuasi pengangkatan badan pesawat AirAsia QZ8501 di kedalaman 30 meter perairan laut Selat Karimata, Kalimantan Tengah.

''Berdasarkan perintah Basarnas Pusat, evakuasi pengangkatan badan pesawat Air Asia QZ8501 dihentikan. Semua tim SAR gabungan telah ditarik,'' ujar Direktur Operasional Basarnas Marsma SB Supriyadi, di posko utama di Lanud Iskandar TNI AU di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Selasa (27/1).

Seluruh armada kapal TNI dilaporkan meninggalkan titik lokasi pesawat nahas yang hilang kontak sejak 28 Desember 2014 itu. ''Kami meminta maaf kepada keluarga korban,'' tegas Supriyadi.

Tim SAR gabungan bersama tim TNI mengalami kesulitan mengangkat badan pesawat karena faktor cuaca buruk.

"Sudah empat kali dicoba mengangkat badan pesawat tapi selalu gagal, penyebabnya cuaca yang buruk dan sudah mulai rapuhnya badan pesawat,'' tutur Supriyadi.

''Kondisi pesawat juga sudah rapuh, saat ini badan pesawat terpecah menjadi tiga bagian,'' imbuhnya. Demikian diberitakan dari Republika.

(Nay)
Komentar