Media Asing Kritik Jokowi Soal Kisruh Polri VS KPK

Sabtu, 24 Januari 2015 15:15
Media Asing Kritik Jokowi Soal Kisruh Polri VS KPKPresiden Joko Widodo @tempo.co

Media-media asing menyoroti kemelut politik Indonesia, khususnya dalam konflik Polri dan KPK yang semakin memanas. Mereka menyebut sosok Presiden Jokowi tidak sesuai dengan harapan saat pertama kali dilantik.

Majalah bergengsi The Economist edisi hari ini, Sabtu (24/1) menurunkan tulisan berjudul "Jokowis Jinks" (Manuver Elakan Jokowi). Kolom ini menyebutkan jika pendukung Jokowi semasa kampanye dulu kini berbalik mengkritiknya dan kecewa atas penunjukan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri.

"Penunjukan Budi menjadi noda pertama terkait kepemimpinan Jokowi di tahun pertama menjabat," seperti tertulis dalam laporan tersebut.

Pun dengan politik luar negeri dari Jokowi yang disebut serampangan sebab menyepelekan kemarahan Belanda, Brasil dan Australia karena mengeksekusi warganya lantaran menjadi kurir narkoba.

The Economist dulunya memuji Jokowi sebagai harapan baru bagi rakyat Indonesia sebab bukan dari elit partai dan bagian dari rezim apapun. Di tengah potensi gangguan hubungan bilateral, kemelut di dalam negeri justru diperparah dengan kisruh Polri dan KPK. Kini popularitas Jokowi diprediksi semakin terjun bebas.

"Jokowi ingin dilihat sebagai pemimpin yang tegas. Tapi membuktikan diri bisa mengendalikan manuver para elit akan lebih meyakinkan dibanding mengeksekusi mati kurir narkoba rendahan," kritik Economist.

(Nay)
Komentar