Badan Utama AirAsia QZ8501 Hancur Berantakan Seperti Sarang Laba-Laba

Sabtu, 24 Januari 2015 12:00
Badan Utama AirAsia QZ8501 Hancur Berantakan Seperti Sarang Laba-LabaIlustrasi: badan pesawat di dasar laut @theguardian.com

Tim Basarnas berhasil menemukan badan utama pesawat AirAsia QZ8501 yang sudah hancur dan tinggal setengah di dasar Laut Jawa dekat Selat Karimata, Kalimantan Tengah.

Karena kondisi badan pesawat yang hancur berantakan, tim penyelam kesulitan mengevakuasi jenazah. Mereka terhalang kabel yang mencuat sehingga seperti sarang laba-laba.

"Jadi, ketika mereka mencoba menarik (jenazah) ternyata kabel-kabel sudah terbongkar, berantakan semua, seperti sarang laba-laba. Ini yang mengakibatkan penyelam tidak masuk," kata Direktur Operasional Basarnas, Marsekal Pertama SB Supriyadi di Posko Utama Pencarian AirAsia, Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, dilansir dari Tribunnews, Jumat (23/1).

"Lalu, ketika kabel itu ditarik, air menjadi keruh sehingga mereka kehilangan jarak pandang," imbuhnya.

Supriyadi menambahkan, tim baru bisa mengevakuasi enam jenazah yang terhimpit badan pesawat dan berada di luar.

(BACA: 6 Jenazah Korban AirAsia Terhimpit Pesawat Berhasil Dievakuasi)

"Jenazah ditemukan di dalam body pesawat, tapi masih dipinggir, belum ke bagian tengahnya. Penyelam baru bisa masuk 1 meter. Karena di dalamnya banyak rongsokan, ada kursi terlempar, serpihan lapisan dalam pesawat dan kabel-kabel yang melintang. Di dalam berantakan semua," jelasnya.

Supriyadi memperkirakan di dalam badan pesawat itu masih terdapat puluhan jenazah penumpang yang tenggelam sejak akhir tahun lalu. Rencananya, proses evakuasi yang kembali dilakukan hari ini akan memprioritaskan menyingkirkan serpihan dan kabel-kabel yang mencuat.

(Nay)
Komentar