Windows 10 Dirilis, Ini Fitur Terbarunya

Kamis, 22 Januari 2015 17:00
Windows 10 Dirilis, Ini Fitur TerbarunyaWindows 10 @mashable.com

Microsoft resmi meluncurkan sistem operasi Windows 10, di Redmond, Washington, Amerika Serikat, Rabu (21/1/15).

Dikutip dari TechRadar (22/1/15), Terry Myerson, Kepala Divisi Sistem Operasi Microsoft mengungkapkan jika Windows 10 akan dibagi secara gratis untuk pengguna Windows 7, 8, dan 8.1untuk tahun pertama.

Petinggi blogger Microsoft, Brandon LeBlanc, menambahkan jika Microsoft akan memberikan upgrade secara gratis untuk security (keamanan) dan pembaharuan sistem untuk Windows 8 dan Windows 7.

Fitur-fitur terbaru Windows 10

Spartan

Salah satu pengumuman terbesar adalah browser baru bernama Spartan, yang akan menjadi browser utama Windows 10 dan tersedia untuk PC, tablet, dan ponsel. Browser ini menggantikan Internet Explorer yang semakin dilupakan pengguna Windows.

Start Menu

Windows 10 akan kembali menampilkan Start Menu yang sebelumnya hilang di Windows 8. Namun, Windows 10 memiliki dua tampilan, pertama tampilan layar penuh seperti Windows 8, dan tampilan baru yang lebih kompleks dengan tombol Start atau yang disebut 'modern' tales.

Notification Center

Pusat pemberitahuan Windows dapat muncul di sepanjang sisi kanan, mirip dengan notification milik Apple OS X.

Continuum

Fitur ini akan membantu Windows 10 menjadi perangkat hybrid, yang mampu berubah dari mode satu ke mode lainnya. Seperti menghilangkan fungsi keyboard di tablet Surface Pro 3 dengan memanggil kotak dialog untuk menanyakan pengguna ingin beralih ke mode tablet.

Cortana

Microsoft juga membawa Cortana ke PC dengan Windows 10. Pengguna akan dapat mengaksesnya melalui search bar sebelah logo Windows di taskbar. Pengguna bisa memintanya untuk memainkan musik, menjawab pertanyaan, memberikan prediksi pertandingan, dan menampilkan file-file tertentu.

Office suite

Office suite untuk Windows 10 dengan tampilan baru e-mail Outlook. Aplikasi ini bisa kalian jalankan secara bersama atau dihubungkan dengan beberapa perangkat seperti dari ponsel ke PC.

Terhubung Xbox

Windows 10 juga mampu terhubung dengan Xbox yang membuat konsol lebih sosial dan interaktif. Voice chat dan text chat antara pemain akan bekerja di platform. Aplikasi Windows 10 akan mudah ditransfer ke Xbox One, dan pemilik Xbox One mampu mentransfer gameplay di perangkat Windows untuk banyak permainan.

Beberapa fitur baru masih dalam tahap pengembangan dan akan dirilis pada 4 bulan ke depan, salah satunya adalah Windows Holographic, proyek yang menggabungkan aspek realitas virtual, holografi, augmented reality, dan perangkat wearable. Fitur ini akan didukung oleh perangkat baru bernama HoloLens, headset yang akan menciptakan hologram yang tampak nyata.

Windows 10 versi preview sudah tersedia untuk PC mulai minggu depan, dan ponsel pada bulan Februari 2015. 1,7 juta orang telah mengunduh Windows 10 preview.

Masih belum diketahui kapan OS ini akan dirilis untuk umum,namun beredar kabar jika Windows10 akan bisa dinikmati pengguna pada April 2015.

(ec)
Komentar