Kritik Film Hijab, Hanum Rais Sebut Hanung Bramantyo JIL

Kamis, 22 Januari 2015 13:30
Kritik Film Hijab, Hanum Rais Sebut Hanung Bramantyo JILHanung Bramantyo - Hanum Rais @gramediapustakautama.com
Pengarang novel 99 Cahaya di Langit Eropa, Hanum Rais mengkritisi film Hijab garapan sutradara Hanung Bramantyo. Hanum kurang setuju dengan film yang menghadirkan Zaskia Adya Mecca, istri Hanung Bramantyo tersebut.

Menurutnya, film yang bercerita tentang hijab itu tidak sesuai dengan kejadian di masyarakat. Penulis yang bukunya jadi film paling laris tahun 2013 lalu ini pun mencurahkan perasaannya lewat Facebook.

Hanum bahkan menyebut Hanung tergabung dalam kelompok Jaringan Islam Liberal (JIL), organisasi bentukan Ulil Abshar Abdalla. Berikut ini ungkapan Hanum Rais:

Semalem, lucu sekali. Ada orang kasih saya dan suami tiket film judulnya HIJAB gratis. Katanya dia salah beli tiket.

Oke, tadinya mau nonton film barat ga jadi. Mungkin ini film yang cukup menyentuh judulnya HIJAB. But I was wrong. Suami saya keluar setelah nonton 30 menit. Saya bertahan, menghargai yang kasih tiket.

Review: Bagaimana mungkin yah, judulnya HIJAB tetapi menyatiri, mengkomikalisasi orang berkerudung jika tak boleh mengatakan menyinyiri orang2 yang memakai hijab sebagai transformasi keterpaksaan, pemaksaan kehendak suami, atau sekedar fashion trend, dan mengelak dari realita bahwa sebagian besar orang berjilbab karena keteguhan hati akan perintah agama bukan yang lain.

Belum lagi, rakitan-rakitan adegan yang menunjukkan kemunafikan orang mengaku Islam begitu ditonjolkan disini, tanpa memberi ruang pada 99 persen muslim kebalikannya. Film ini, (yang akhirnya saya baru tahu ya elah sutradaranya orang JIL) pada akhirnya hanya ingin meneguhkan kembali 'I am a muslim, but I hate Islam, I just want to capitalize Islam for making money'.

Bukan film yang rekomen ditonton, kecuali Anda ingin membuat hater Islam semakin kaya raya. I tested my dignity if I am really a muslim, and I had reacted nothing (not even a smile), but offended. If only I could get my 1,5 hour back in life and exchange with my initial plan to see Women in Black:D. For mbak-mbak yang kasi tiket: Yes you did buy wrong tickets!
(hdk)
Komentar