DPR Setujui Budi Gunawan Jadi Kapolri, Keputusan Final Tergantung Jokowi

Kamis, 15 Januari 2015 10:15
DPR Setujui Budi Gunawan Jadi Kapolri, Keputusan Final Tergantung JokowiBudi Gunawan @idntimes.com

Komisi III DPR tetap menyetujui Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri yang diusulkan Presiden Jokowi. Budi akan menggantikan Jenderal (Pol) Sutarman.

"Menyetujui surat Presiden dan secara aklamasi mengangkat Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai kepala Polri dan memberhentikan Jenderal (Pol) Sutarman," ujar Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin.

Aziz mengatakan, dengan disetujuinya Budi, maka tugas Komisi III telah selesai. Kini keputusan final ada di tangan Jokowi.

"Kalau Presiden melantik atau tidak melantik, saya tunggu (keputusan) Presiden," kata Aziz, di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/1), dilansir dari Kompas.

Dia menegaskan, Komisi III DPR tetap menjalankan uji kelayakan dan kepatutan meski telah berstatus tersangka KPK. Sebelumnya, KPK resmi menetapkan Budi sebagai tersangka kasus rekening gendut polisi. Tim penyidik KPK sudah mengumpulkan bukti sejak 2014 lalu.

Sementara itu, apabila Jokowi hendak membatalkan pelantikan Budi sebagai Kapolri atas pertimbangan status tersangka oleh KPK, harus melalui serangkaian tahapan.

Aziz menjelaskan, Presiden harus memberi surat resmi kepada DPR dan harus disetujui dalam rapat paripurna, sebelum akhirnya dibahas di Badan Musyawarah dan rapat pleno Komisi III DPR.

"Ada tahapannya, tidak bisa langsung diproses tanpa mekanisme yang ada di DPR," ujarnya.

(Nay)
Komentar