Kotak Hitam AirAsia: Pilot Irianto Meneriakkan 'Allahuakhbar'

Rabu, 14 Januari 2015 17:45
Kotak Hitam AirAsia: Pilot Irianto Meneriakkan 'Allahuakhbar'Kotak hitam AirAsia dan Kapten Pilot Irianto (insert) @dailymail.co.uk

Kotak hitam pesawat AirAsia QZ8501 berhasil dievakuasi dan saat ini dianalisa oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Staf ahli KNKT, Nurcahyo Utomo mengaku merinding ketika mendengarkan percakapan terakhir kapten pilot Irianto.

"Mendengarkan rekaman dari kotak hitam berulang-ulang dapat mengganggu dan membutuhkan kekuatan mental yang baik," ujarnya, dilansir dari Daily Mail, Rabu (14/1).

"Mendengarkan rekaman kotak hitam sebuah pesawat yang terlibat dalam kecelakaan tidak seperti mendengarkan musik atau diskusi," lanjutnya.

Nurcahyo menambahkan, dari hasil analisa terhadap kota hitam itu terdengar suara kapten pilot Irianto meneriakan, "Allahuakhbar". "Kata-kata itu membuat saya merinding," katanya.

Meski terasa berat mendengarkan percakapan terakhir itu, Nurcahyo harus menyelesaikan seluruh rekaman percakapan itu guna mengungkap penyebab pesawat yang mengangkut 162 penumpang itu terjatuh di perairan Pangkalan Bun.

"Mendengar percakapan terakhir akan menjadi kunci untuk mengungkap penyebab kecelakaan AirAsia. (Dari sana) kami dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi sebelum kecelakaan itu terjadi dari percakapan pilot dan co-pilot," katanya

(Nay)
Komentar