Restoran 'Tentara Merah' Tawarkan Sensasi Sejarah Kelam Tiongkok

Rabu, 14 Januari 2015 16:00
Restoran 'Tentara Merah' Tawarkan Sensasi Sejarah Kelam TiongkokRestoran Tentara Merah, Tiongkok @news.qq.com

Pemimpin Tiongkok Mao Zedong pada tahun 1966-1967 memimpin Revolusi Kebudayaan. Peristiwa paling kelam dalam sejarah negeri Tirai Bambu itu melibatkan Tentara Merah yang dikenal kejam.

Meski menjadi momok mengerikan, Tentara Merah ternyata masih menjadi satu hal yang menarik bagi masyarakat Tiongkok pada saat ini. Untuk menyegarkan ingatan generasi muda, restoran di Gansu, Provinsi Pingliang, mengelola tempat makan miliknya dengan tema Tentara Merah.

tentara-merah-restoran-china

Para pelayan pun kompak berdandan ala Tentara Merah lengkap dengan seluruh atribut kemiliterannya.

Tidak hanya dari penampilan, pun demikian dengan cara bicara, mereka meniru cara bicara tentara pada era Mao. Seperti penggunaan istilah Sheyuan (anggota komune), pengawas yang disebut Kapten, menu yang disebut Ge Ming Yu Lu, hingga bir dengan ranjau darat dan segelas baijiu China disebut bom.

tentara-merah-restoran-china

"Banyak pelanggan datang ke restoran saya dan mereka tidak bisa makan di sini, kecuali mereka telah membuat reservasi terlebih dahulu," kata pemilik restoran kepada Tencent News.

"Saya tidak pernah membuka usaha sebelumnya," lanjutnya. "Tetapi saya telah mengunjungi beberapa kota di China, dan saya menemukan beberapa restoran bertema Tentara Merah."

tentara-merah-restoran-china

Dari inspirasi tersebut, dia kemudian nekat membuka restoran Tentara Merah. Meski pada mulanya mendapat sentimen negatif, namun saat ini rumah makan miliknya semakin ramai dikunjungi pelanggan yang ingin merasakan kekejaman tentara itu sekaligus menyantap kuliner era Revolusi Kebudayaan.

(Nay)
Komentar