Banci Rusia Dilarang Ngurus SIM dan Nyetir Mobil

Sabtu, 10 Januari 2015 15:45
Banci Rusia Dilarang Ngurus SIM dan Nyetir MobilKondisi lalu lintas di Berlin, Rusia @rt.com

Pemerintah Rusia menerbitkan peraturan melarang warga transgender atau waria mengurus surat izin mengemudi (SIM). Aturan ini otomatis membatasi kaum transgender mengendarai kendaraan.

Perilaku seks menyimpang, ujar seorang sumber, termasuk suka mengintip dan sejenisnya, masuk kategori gangguan mental yang harus dijauhkan dari tanggung jawab membawa kendaraan di jalan raya.

Pemerintah mengklaim aturan itu untuk meminimalkan jumlah kecelakaan lalu lintas.

"Sudah terlalu banyak kecelakaan fatal di jalan. Saya yakin dengan memperketat aturan kesehatan bagi para pemohon SIM itu itu langkah yang tepat," kata Serikat Pengemudi Profesional yang mendukung kebijakan pemerintah itu, dilansir dari BBC, Jumat (9/1).

Namun aturan itu mendapat perlawanan dari Asosiasi Pengacara Rusia untuk Hak Asasi menyebut aturan itu diskriminasi. Mereka mengajukan protes meminta klarifikasi dari Mahkamah Konstitusi.

Selain kaum waria, pecandu pejudian dan pencurian juga dilarang mengurus SIM. Sebelumnya pada 2013 lalu, Rusia mengajukan UU yang menyatakan gaya hidup nyeleneh berbahaya dan dilarang.

Psikiater Mikhail Strakhov mengatakan jika definisi "gangguan mental" dalam aturan itu masih rancu dan kabur. Sebab, sejumlah kelainan mental tidak mempengaruhi kemampuan seseorang mengemudi.

(Nay)
Komentar