Mitos Ratu Junjung Buih, Penguasa Ghaib Lokasi Jatuhnya AirAsia

Kamis, 08 Januari 2015 17:15
Mitos Ratu Junjung Buih, Penguasa Ghaib Lokasi Jatuhnya AirAsiaPecahan pesawat AirAsia mengapung di Selat Karimata @kompas.com

Lokasi jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 di Selat Karimata Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah juga dikenal dengan kewingitannya. Seperti halnya mitos penguasa lautan Nyi Roro Kidul, di Selat Karimata ada mitos Ratu Junjung Buih.

Ratu Junjung Buih dipercaya penduduk setempat sebagai penguasa lautan tersebut.

Meski demikian, mitos adanya kerajaan makhluk lelembut tidak mempengaruhi proses pencarian korban dan pesawat yang jatuh pada 28 Desember lalu.

Sementara itu, Dandim 1014 Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Letkol Inf Suparman mendatangkan seorang praktisi spriritual untuk membantu proses pencarian badan pesawat AirAsia QZ8501.

"Pagi sudah diberangkatkan naik kapal. Namanya alam, ada yang gaib. Harus percaya, makhluk gaib juga ciptaan Allah," kata Suparman.

Orang pintar bernama Asri Izam warga Sungai Umbang itu nantinya mendeteksi badan pesawat dari kacamata ilmu ghaib.

"Karena kan beberapa hari ini kita belum menemukan pesawat ini. Semua masih dugaan saja," ujarnya.

Secara terpisah, Komandan tim penyelam Kopaska Kapten Laut Pelaut Edy Tirtayasa mengatakan tim SAR menghormati kepercayaan masyarakat setempat. Namun mitos tersebut tidak menjadi momok menakutkan bagi tim pencari yang bekerja secara profesional dan tetap fokus dalam situasi tersulit di tengah lautan.

"Kami siap terjun dan menyelam kapan pun. Yang paling kami takuti hanya dekompresi," kata Edy.

(Nay)
Komentar