Film Garapan Lukman Sardi 'Di Balik 98' Disomasi Mantan Aktivis

Kamis, 08 Januari 2015 15:15
Film Garapan Lukman Sardi 'Di Balik 98' Disomasi Mantan AktivisLukman Sardi - trailer Di Balik 98 @youtube.com
Aktor Lukman Sardi debut sebagai sutradara lewat film Di Balik 98. Sayangnya, walau belum rilis film Di Balik 98 produksi MNC Pictures tersebut telah disomasi mantan aktivis 98.

Somasi dilayangkan karena trailer filmnya menampakkan pengibaran bendera PRD (Partai Rakyat Demokratik) oleh mahasiswa yang tengah melakukan demo. Menurut para mantan aktivis 98, kala itu demo yang dilakukan oleh mahasiswa tanpa adanya dukungan dari partai politik manapun.

Lukman selaku sutradara pun meminta para aktivis ini untuk melihat versi lengkap filmnya. Sebab film drama yang bersetting Mei 1998 ini dibuat cuma untuk kepentingan hiburan.

"Untuk pemelintiran sejarah, saya harap mereka nonton versi komplit, bukan dari trailer. Baru kita bisa bicara," ujar Lukman ketika jumpa pers setelah pemutaran Di Balik 98 di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Rabu (7/1/2015) seperti dikutip kapanlagi.com.

Lukman sendiri tak terlalu menanggapi soal somasi yang dilayangkan padanya. Ia juga tidak menyiapkan pengacara untuk mengurus kasus ini, sebab ia merasa bahwa filmnya bukan untuk menyesatkan publik.

"Karena saya nggak tahu somasinya secara langsung, saya belum bisa ngasih tanggapan. Karena saat itu banyak organisasi yang muncul. Tapi itu hak mereka untuk luncurkan somasi. Saya gak punya niat apa-apa bikin film ini. Saya juga gak menyediakan penasehat hukum," paparnya.

Naskah film Di Balik 98 ditulis oleh Syamsul Hadi dan Ifan Ismail berdasarkan rujukan dari berbagai buku resmi yang beredar dan juga ditunjang dengan wawancara dari sejumlah narasumber. Data-data yang disajikan dalam film juga sudah melalui proses penyuntingan supaya lebih akurat walau filmnya sendiri cuma fiksi yang mengusung peristiwa Mei 1998.
(hdk)
Komentar