Pencarian AirAsia Gunakan Bantuan Dukun dan Ritual Ghaib

Senin, 05 Januari 2015 11:00
Pencarian AirAsia Gunakan Bantuan Dukun dan Ritual GhaibIlustrasi: ritual ghaib @kaskus.co.id/tempo.co

Dandim 1014 Pangkalanbun, Kalimantan Tengah, Letkol Inf Suparman mendatangkan seorang praktisi spriritual untuk membantu proses pencarian badan pesawat AirAsia QZ8501.

"Pagi sudah diberangkatkan naik kapal. Namanya alam, ada yang gaib. Harus percaya, makhluk gaib juga ciptaan Allah," kata Suparman.

Suparman menambahkan, ia sengaja memanggil 'orang pintar' bernama Asri Izam warga Sungai Umbang itu untuk mendeteksi badan pesawat dari kacamata ilmu ghaib.

"Karena kan beberapa hari ini kita belum menemukan pesawat ini. Semua masih dugaan saja," ujarnya.

Peran serta warga sipil dalam hal ini tidak bisa diremehkan. Apalagi informasi dari masyarakat sebelumnya membantu proses pencarian di perairan Pangkalan Bun.

"Ritual ini akan menyisir pantai untuk membantu pencarian tim SAR saja," lanjutnya.

Untuk melangsungkan ritual ghaib tersebut telah disiapkan sesaji berisi ketan kuning dan merah, sebanyak tujuh pasang yang diletakkan di atas kain bertuliskan rajah huruf Arab. Ritual ini dimaksudkan untuk berkomunikasi dengan penguasa laut, Ninik Datuk Laut supaya bisa memberikan informasi keberadaan pesawat nahas yang mengangkut 155 penumpang itu. Demikian diberitakan dari Merdeka, Minggu (4/1).

(Nay)
Komentar