Jokowi Minta KNKT Mempercepat Pencarian AirAsia QZ8501

Selasa, 30 Desember 2014 09:45
Jokowi Minta KNKT Mempercepat Pencarian AirAsia QZ8501Presiden Jokowi pantau langsung proses pencarian pesawat AirAsia QZ8501 @kompas.com

Presiden Joko Widodo meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) meningkatkan kecepatan untuk menemukan pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak. "KNKT adalah lembaga independen yang berwenang menjelaskan penyebab pesawat tersebut hilang kontak, saya minta bekerja cepat," ujar Jokowi di gedung Badan SAR Nasional, Senin (29/12).

Jokowi juga meminta seluruh kementerian, khususnya Kementerian Perhubungan mencari pesawat berpenumpang 155 orang itu.

"Saya sudah perintahkan. Menhub periksa semua prosedur dan penerbangan sebagai langkah preventif pencegahan kejadian serupa," kata Jokowi.

Untuk itu, Jokowi secara langsung memerintahkan Wapres Jusuf Kalla memimpin koordinasi pencarian pesawat rute Surabaya-Singapura itu.

"Saya memerintahkan kepada Wapres memimpin langsung koordinasi pencarian," kata Jokowi.

Jokowi juga berterima kasih atas bantuan dari negara-negara lain, seperti Malaysia, Singapura dan Australia menyusul hari ini Korea Selatan. "Semuanya dikerahkan untuk mencari pesawat tersebut," ujarnya.

Jokowi menuturkan, dirinya mendapat kabar hilangnya pesawat nahas itu saat berada di Pegunungan Tengah, Wamena, Papua. Jokowi sangat terkejut.

"Saya merasakan kegelisahan, kekhawatiran, keluarga penumpang dan awak pesawat," ujar Jokowi. Demikian diberitakan dari berbagai sumber.

(Nay)
Komentar