Astronot Cetak Kunci Inggris dari Printer 3D

Selasa, 23 Desember 2014 17:30
Astronot Cetak Kunci Inggris dari Printer 3DKunci buatan printer 3D NASA @news.bbcimg.co.uk

Sebelumnya untuk mengatasi permasalahan atau kerusakan komponen pesawat, Astronot harus menunggu kiriman sparepart dari bumi. Kini, berkat kecanggihan teknologi, NASA berhasil menciptakan sebuah printer 3D yang sangat efisien.

Dengan printer ini para Astronot tak lagi menunggu sparepart dari bumi. Mereka hanya membutuhkan email berupa data desain dari bumi. Dimana data tersebut kemudian akan discan oleh printer 3D yang telah dikirim beberapa waktu sebelumnya. Dari printer tersebut kemudian sparepart tersebut dibuat.

Press TV, Senin (22/12/2014) melansir berita uji coba printer 3D tersebut yang telah berhasil mencetak kunci inggris. Kunci ini merupakan objek kedua yang dibuat oleh printer 3D ini sejak kedatangannya 17 November lalu.

"Kami selalu mendengar komanda ISS, Barry Wilmore, meminta ini itu untuk kelengkapan ISS atau sekedar memperbaiki perangkat di sana. Jadi, kami mendesain perangkat tersebut dan mengirimkannya. Perangkat itu langsung terkirim, lebih cepat dari pada kiriman roket," ujar Mike Chen dari Made in Space.

Printer 3D ini dikembangkan sendiri oleh Made In Space khusus untuk konsumsi Astronot di Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Dengan adanya printer ini diharapkan jangkauan jelajah Astronot bisa semaki luas dan bisa lebih jauh.

(okta)
Komentar